Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Yang Diucapkan Korban Bom Hiroshima Jepang Kepada Presiden Obama

Hadir pula keluarga korban dari pihak Amerika Serikat (AS) di acara tersebut.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Ini Yang Diucapkan Korban Bom Hiroshima Jepang Kepada Presiden Obama
Foto NHK
Sunao Tsuboi (91) anggota Konfederasi Penderita Korban Atom dan Bom Hidrogen (Hidankyo) menceritakan kepada pers apa yang diucapkan kepada Presiden Obama sore tadi (27/5/2016). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Seusai pidato yang disampaikan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan PM Jepang Shinzo Abe di taman peringatan perdamaian Hiroshima tempat jatuhnya bom atom Hiroshima, Barack Obama langsung menemui korban bom atom Sunao Tsuboi (91) anggota Konfederasi Penderita Korban Atom dan Bom Hidrogen (Hidankyo).

"Tadi saya mengatakan saksi masih hidup sampai kini lo. Saya sendiri usia 91 tahun saat ini. Eh Obama tertawa," ujar Tsuboi.

Lalu Tsuboi juga menyampaikan keinginannya agar persenjataan nuklir dihapuskan supaya perdamaian dapat terjaga dengan baik di dunia ini.

"Saya katakan kepada Obama agar persenjataan nuklir dihapuskan. Jangan sampai muncul banyak korban yang menderita seperti saya ini. Jangan sampai dua kali pokoknya," katanya.

Selain itu Tsuboi pun merasa senang Obama bisa datang menemui dan berbicara kepadanya meskipun dijawab dengan senyum dan tawa Obama saja serta kata, "Oooooo," begitu disebutkan usia Tsuboi 91 tahun.

Pertemuan sekitar 2 menit antara keduanya disaksikan pula oleh Abe dan berlanjut berbicara dengan korban lainnya.

BERITA REKOMENDASI

Hadir pula keluarga korban dari pihak Amerika Serikat (AS) di acara tersebut.

"Dulu kita memang bermusuhan, tetapi kini kita harus bersahabat dan bisa kalau kita semua punya niat untuk bersatu dan mempertahankan perdamaian dunia ini dengan baik dan niat yang kuat," ungkap Obama saat pidato tadi sore, Jumat (27/5/2016).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas