Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pelaksanaan Demokrasi di Meksiko Patut di Contoh

Dalam pertemuan yang dilakukan beberapa waktu lali ini, membahas beberapa hal berkaitan dengan sistem pemilu dikedua negara.

Pelaksanaan Demokrasi di Meksiko Patut di Contoh
Yulis/Tribunnews.com
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, MEKSIKO- Wakil Ketua DPR Fadli Zon bertemu dengan Ketua KPU Meksiko Lorenzo Cordova Vianell. Lorenzo terpilih sebagai ketua KPU Meksiko, INE INE (Instituto Nacional Electoral, tahun 2014.

Dalam pertemuan yang dilakukan beberapa waktu lali ini, membahas beberapa hal berkaitan dengan sistem pemilu dikedua negara.

Antara lain, keuangan partai politik, kampanye, pencalonan, penyelenggara pemilu dan sebagainya. Fadli juga ditemani politikus PKB, Syaiful Bahri dalam pertemuan tersebut.

Indonesia dan Meksiko merupakan kedua negara yang sama-sama menjunjung tinggi demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Hal ini terlihat dari sistem pemilu yang dimiliki Meksiko dan kewenangan INE sebagai lembaga administasi tertinggi yang berkaitan dengan pemilihan presiden Meksiko, Perwakilan Rakyat dan Senator diparlemen.

INE sebagai lembaga yang memiliki otoritas tertinggi dalam hal pemilihan umum di Meksiko. Dalam pertemuan juga sempat didiskusikan tentang kampanye di stasiun televisi dan radio.

Ketua INE menjelaskan, institusinya melarang seluruh calon eksekutif dan legislatif kampanye, beriklan di stasiun televisi dan radio.

Hal ini berlaku secara luas, tidak sebatas kepada calon, tapi juga kepada semua pemimpin partai politik, anggota partai politik, di negara tersebut.

Untuk mengkampanyekan calon eksekutif dan legislatif di stasiun televisi dan radio, INE menyediakan stasiun televisi yang disediakan sendiri oleh mereka yang ditugaskan oleh negara Meksiko.

Waktu untuk pra-kampaye mendapat durasi 18 menit dan kampanye 41 menit dibagi secara proposional kepada masing-masing calon. Mengiklankan calon tersebut antara pukul 06.00 pagi dan tengah malam dengan pembagian proposional selama 3 menit setiap jam kepada seluruh calon.

Halaman
12
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas