Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Jepang Bersiaga saat Bos Yakuza Muncul di Kuil Gokoku Kobe

Banyak polisi menjaga daerah sekitar kuil arwah pahlawan Jepang di Kuil Gokoku daerah Nada, Kota Kobe, Minggu (1/1/2017).

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Polisi Jepang Bersiaga saat Bos Yakuza Muncul di Kuil Gokoku Kobe
Kobe Shimbun
Bos kelompok yakuza terbesar Yamaguchigumi, Shinobu Tsukasa muncul di Kuil Gokoku sekitar jam 00.10, Minggu 1 Januari 2017. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Banyak polisi menjaga daerah sekitar kuil arwah pahlawan Jepang di Kuil Gokoku daerah Nada, Kota Kobe, Minggu (1/1/2017) sekitar jam 00.00 menghindarkan kemungkinan keributan antar anggota mafia Jepang (yakuza).

"Bos Yamaguchigumi, Shinobu Tsukasa (74) datang sekitar jam 00.10 di kuil tersebut dengan pakaian Jepang dan langsung berziarah, berdoa di kuil tersebut bersama pimpinan lain, hanya sekitar satu dua menit, lalu ke luar kembali dan memasuki mobilnya," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (2/1/2017).

Banyak polisi mengawasi gerak gerik sekitarnya karena ditakutkan ada anggota kelompok lawannya Kobe Yamaguchigumi yang akan membuat keributan di sana.

Kenyataan semua berjalan mulus dan kunjungan ziarah ke kuil berakhir dengan aman di pagi hari awal tahun 2017 kemarin.

Yamaguchi-gumi sempat bagi-bagi hadiah gratis kepada anak-anak tahun 2015 dan setelah itu berhenti.

Kunjungan bos Yakuza ini untuk menandakan adanya kestabilan di dalam organisasi tersebut setelah pecah di akhir bulan Agustus tahun 2015.

BERITA REKOMENDASI

Pecahannya (awalnya 13 kelompok) yang dipimpin Kunio Inoue yang juga bos Yamaken-gumi, dulu merupakan pilar utama Yamaguchigumi, mendirikan federasi baru bernama Kobe Yamaguchigumi (KY) yang akhirnya sekitar April 2016 diakui kepolisian sebagai organisasi yakuza yang berdiri sendiri, lepas dari Yamaguchigumi.

Menghadapi tahun baru ini pun, Kobe Yamaguchi-gumi berkumpul di markasnya yang selalu berubah-ubah untuk mengecoh pihak kepolisian Jepang.

Kali ini mereka berkumpul di daerah Hanakumacho, Chuo-ku, Kota Kobe sejak 31 Desember lalu hingga perayaan tahun baru tanggal 1 Januari kemarin.

Para polisi pun ikut mengawasi daerah tersebut agar para anggotanya dapat termonitor gerakannya, jangan sampai bertemu kelompok lawannya yang bisa berakibat keributan.

Kuil Gokoku di Kobe memiliki 53,257 pillar sebagai tanda jumlah arwah para pahlawan Jepang yang berperang zaman Perang Dunia II.

Didirikan sejak Zaman Meiji, namun sempat hancur karena perang tahun 1944. Barulah dibangun dan selesai kembali tahun 1959.

Kuil Gokoku ini merupakan kuil arwah para pahlawan perang dan namanya pernah diganti menjadi Kuil Mitama atau Kuil Spirit (roh) di Perfektur Hyogo ini.

Bagi para anggota Yakuza dihormati sebagai kuil kekuatan mereka yang menganggap dirinya juga sebagai pahlawan (nasionalis) Jepang.

Info lengkap yakuza dapat dibaca di www.yakuza.in.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas