Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pentagon: 59 Rudal Tomahawk Ditembakkan ke Pangkalan Udara dan Gudang Senjata Suriah

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memerintahkan serangan rudal ke pangkalan udara Suriah

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah memerintahkan serangan rudal ke pangkalan udara Suriah dalam menanggapi serangan kimia di wilayah dikuasai pemberontak.

Hal ini merupakan serangan perdana AS terhadap pasukan pemerintah Suriah sejak perang saudara dimulai pada 2011.

Mengutip NHK, Jumat (7/4/2017), Pentagon mengatakan sebanyak 59 rudal jelajah Tomahawk diluncurkan dari kapal perusak USS Porter dan USS Ross di Timur Laut Mediterania. Versi media lain menyebutkan 60 rudal diluncurkan AS ke Suriah.

Rudal dilaporkan memukul Shayrat Airfield di Homs pukul 4:40 pagi waktu setempat, Jumat (7/4).

Serangan rudal Tomahawk ini menargetkan pesawat militer Suriah, perminyakan dan logistik penyimpanan, bunker pasokan amunisi, sistem pertahanan udara dan radar.

Pejabat intelijen AS percaya pesawat Suriah dari Shayrat yang melakukan serangan senjata kimia pada Selasa (4/7) lalu.

Pentagon mengatakan aksi serangan rudal tersebut sebagai respons yang proporsional atas serangan senjata kimia.

BERITA TERKAIT

Pentagon percaya serangan rudal telah membuat rusak parah pesawat Suriah dan dukungan infrastruktur, mengurangi kemampuan pemerintah Suriah untuk melakukan senjata kimia.

Presiden Trump mengatakan diktator Suriah Bashar al-Assad telah meluncurkan serangan senjata kimia yang mengerikan terhadap warga sipil yang tidak berdosa. Dia menambahkan bahwa bayi cantik dibunuh dengan kejam pakai senjata kimia.

Sebanyak 72 orang tewas akibat serangan kimia mematikan di utara kota Suriah, termasuk anak-anak, Rabu (5/4/2017) waktu setempat.

Serangan ini tercatat sebagai serangan mengerikan, yang mematikan dalam perang saudara di Suriah.

Menurut kelompok oposisi Suriah, serangan udara menghantam kota Khan Sheikhun dilakukan oleh pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Namun, Pemerintahan Assad membantah tudingan tersebut.

Dewan Keamanan PBB langsung mengadakan pertemuan darurat pada hari ini menanggapi peristiwa serangan kimia nan mematikan ini.

Serangan terhadap Kota Khan Sheikhoun membunuh puluhan orang pada Selasa (4/4/2017), dan membuat warga terengah-engah dan kejang-kejang di jalan-jalan dan rumah sakit yang penuh sesak.

Dokter Suriah mengatakan kombinasi gas beracun diduga telah dilepaskan selama serangan udara, menyebabkan angka kematian yang tinggi dan gejala penyakit yang parah.

Diberitakan, sebuah roket menghantam sebuah rumah sakit tempat merawat para korban serangan senjata kimia di wilayah barat laut Suriah, Selasa (4/4/2017).

Roket menghantam rumah sakit di Khan Sheikhun itu tepat di saat para dokter sedang merawat para korban serangan tersebut. (NHK/AP/AFP/Reuters)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas