Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Beijing Bergabung dengan AS dan Jepang untuk Hantam Korut?

Beijing memutuskan untuk menghentikan impor batubara dari Korea Utara sebagai sinyal dukungannya.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Beijing Bergabung dengan AS dan Jepang untuk Hantam Korut?
Dailymail
Kapal Induk USS Carl Vinson. 

TRIBUNNEWS.COM - Menggunakan kapal induk kelas Nimitz USS Carl Vinson (CVN 70) yang didampingi kapal-kapal perusak kelas Arleigh Burke, Gugus Tempur I Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS) bergegas berlayar ke Jepang dengan mengitari Semenanjung Korea terlebih dahulu.

Bergegasnya rombongan Kapal Induk USS Carl Vinson yang mampu mengerek 90 unit pesawat sayap tetap dan helikopter ke Jepang, adalah untuk melakukan latihan pendaratan helikopter dengan Angkatan Bela Diri Maritim Jepang (Japan Maritime Self Defense Force/JMSDF).

Rencananya Gugus Tempur Kapal Induk USS Carl Vinson baru saja tiba di Singapura pasca melakukan latihan bersama dengan AL Korea Selatan (Korsel) akan melakukan port visit ke Australia.

Namun rencana itu dibatalkan dengan datangnya perintah dari Panglima US PACOM (Pacific Command), Laksamana Harry Harris untuk memberikan sinyal dukungan kepada Jepang dan Korsel atas provokasi Korea Utara (Korut).

“Jepang ingin mengutus beberapa kapal perusak karena Carl Vinson memasuki Laut Cina Timur. JMSDF akan melakukan latihan helikopter dan komunikasi dengan Gugus Tempur I AL AS,” tutur seorang sumber kepada Reuters seperti dikutip Sputnik, Kamis (13/4/2017).

Pada Selasa (11/4/2017) lalu, Menteri Pertahanan AS, James Mattis mengatakan bahwa kapal induk USS Carl Vinson ditempatkan di kawasan Pasifik Barat untuk sebuah alasan. “Mereka beroperasi dengan bebas, ke atas dan ke bawah Pasifik,” imbuhnya.

Sementara itu Presiden AS, Donald Trump menyatakan harapannya pasca pertemuannya dengan Presiden Cina, Xi Jinping bahwa Beijing dapat membantu memecahkan permasalahan Korea Utara.

BERITA REKOMENDASI

Beijing memutuskan untuk menghentikan impor batubara dari Korea Utara sebagai sinyal dukungannya.

Dalam pemberitaan Global Times kemarin (12/4/2017) memuat pernyataan Beijing yang menyebutkan bahwa “Jika Korea Utara membuat langkah provokatif lain bulan ini, masyarakat Cina akan bersedia melihat Dewan Keamanan PBB menerapkan tindakan pembatasan (embargo) berat yang belum pernah terlihat sebelumnya.”

Sumber: Angkasa
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas