Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jawaban Menteri Susi Ketika Ditanya Latarbelakang Tuduhan Data Bohong Kepadanya

Susi menyatakan, data-data perikanan yang disampaikannya sudah sesuai dengan perhitungan

Jawaban Menteri Susi Ketika Ditanya Latarbelakang Tuduhan Data Bohong Kepadanya
Kompas
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Susi Pudjiastuti yang sangat aktif menjaga kelautan dan perikanan Indonesia bahkan kini berhasil meningkatkan kehidupan para nelayan Indonesia bingung dan tidak tahu mengapa dituduh melakukan kebohongan data yang disampaikan kepada umum.

"Terus terang saya bingung dan tidak tahu mengapa dituduh menyampaikan data bohong ke masyarakat. I don't know," tekannya ketika Tribunnews.com menanyakan khusus alasan atau latar belakang adanya tuduhan tersebut.

Susi menyatakan, data-data perikanan yang disampaikannya sudah sesuai dengan perhitungan Badan Litbang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Data tersebut tidak berbeda jauh dengan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS), tambahnya.

"Memang secara general produksinya secara nasional naik. Tapi di beberapa wilayah ada yang merah. Seperti di Sorong, kenapa Sorong merah? Karena pencuri ikan dari Filipina masuk ke situ. Kalau ke sebelah barat takut jadi mereka geser ke sana," tambah Susi.

Susi mengatakan KKP, terus berupaya memperbaiki dunia perikanan dan kelautan. Ia mengaku, memang masih ada sejumlah kekurangan dari apa yang dikerjakannya selama ini.

"Misalnya produksi rumput laut masih kurang baik karena musim hujan kemarin," tuturnya.

Maka dari itu, bila ada pihak-pihak yang menuduh Susi menyebar kebohongan publik. Tuduhan itu tidak benar dan Susi siap melawan.

Susi menegaskan, selama ini data perikanan yang disampaikannya kepada media adalah sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

Sebelumnya, beredar kabar, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Rokhmin Dahuri mengkritik, kinerja Menteri Susi Pudjiastuti.

Ia merasa data kinerja perikanan yang selama ini disampaikan oleh Susi adalah bohong dan Susi telah melakukan kebohongan publik.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas