Tribun

Ada 25.000 Jenis Apel di Dunia, Jepang Punya 100 Jenis

Data Museum Apel Jepang menyebut apel di dunia bisa mencapai 25.000 jenis apel. Museum itu juga menyebut di Jepang ada 100 jenis apel.

Editor: Dewi Agustina
Ada 25.000 Jenis Apel di Dunia, Jepang Punya 100 Jenis
Koresponden Tribunnews/Richard Susilo
Buah apel Jepang yang terkenal dari Aomori 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Data Museum Apel Jepang menyebut apel di dunia bisa mencapai 25.000 jenis apel. Museum itu juga menyebut di Jepang ada 100 jenis apel.

"Tapi yang saya tahu mungkin ada sedikitnya 100 jenis apel. Sedangkan yang banyak di pasaran dan banyak terjual serta terbeli hanya ada enam jenis apel saja pada dasarnya," kata Shohei Naito, CEO Nihon Agri, Inc. yang khusus menekuni buah apel untuk diekspor ke Indonesia Oktober mendatang.

Dari jumlah 100 jenis buah apel yang ada di Jepang, tentu saja warnanya macam-macam, ada yang merah, ada yang kuning dan ada yang hijau seperti apel Malang.

Di Jepang masyarakatnya menggemari semua jenis apel itu, namun yang baru muncul belakangan jadi trend di Jepang adalah apel dari Nagano karena seperti ada rasa madunya sehingga masyarakat menyukainya.

Namun apel dari Nagano panen biasanya hanya antara Oktober-Desember, jadi tidak sepanjang tahun.

Sementara Perfektur Aomori yang menjadi pionir apel di Jepang, semua orang tahu kalau Aomori adalah tempat apel, sudah memiliki teknologi modern, infra yang baik, peralatan yang baik, semuanya demi pengembangan apel di Aomori.

Akibatnya Aomori bisa bertahan memproduksi apel sepanjang tahun dengan rumah kacanya serta pengaturan temperatur yang tetap stabil sepanjang tahun.

Meskipun Jepang ada 4 musim terutama musim dingin di daerah Aomori bisa mencapai minus 10 derajat celcius.

Shohei Naito, CEO Nihon Agri. Inc. Japan
Shohei Naito, CEO Nihon Agri. Inc. Japan (Koresponden Tribunnews/Richard Susilo)

Di tempat terbuka tentu tak bisa tumbuh pohon apel dengan kedinginan minus 10 derajat celcius.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas