Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Virus Flu Burung Mulai Merebak Lagi di Kagawa Jepang

Virus tipe H5N6 influenza berjangkit lagi khususnya di Kota Sanuki Perfektur Kagawa sehingga sempat membunuh 90.000 ayam tanggal 12 Januari 2018.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Virus Flu Burung Mulai Merebak Lagi di Kagawa Jepang
NHK
Para petugas mulai membasmi virus influenza terutama di berbagai peternakan ayam yang ada di Perfektur Kagawa. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Virus tipe H5N6 atau flu burung berjangkit lagi khususnya di Kota Sanuki Perfektur Kagawa sehingga sempat membunuh 90.000 ayam tanggal 12 Januari 2018.

"Pihak Pemda telah melakukan disinfeksi pembasmian ayam yang tercemar virus tersebut dan kita lihat hasilnya nanti semoga sudah terlokalisir," ungkap sumber Tribunnews.com, Senin (15/1/2018).

Pembasmian total telah dilakukan sampai dengan Minggu (14/1/2018) dan kini masih dalam tahap monitoring lokasi setempat.

Sedikitnya 26 lokasi peternakan ayam setempat jadi pusat perhatian Pemda Kagawa dengan radius 10 kilometer dari peternakan tersebut diharapkan telah pulih kembali dalam waktu dekat.

Baca: Yakuza Semakin Mati Kutu di Kalangan Perbankan dan Sekuritas Jepang

"Sedangkan radius 3 km dari peternakan kita terapkan sebagai area terlarang agar tidak boleh ada yang masuk ke luar ke lokasi yang bersangkutan, terutama terkait ayam dan telur," ujar dia.

BERITA REKOMENDASI

Dengan demikian sampai dengan saat ini dan akhir monitoring 25 Januari mendatang, ayam dan telur dari 26 peternakan tersebut dilarang ke luar dari peternakan.

Setelah itu peninjauan ulang final dengan lebih serius lagi.

"Jika semua memang aman, maka 5 Februari mendatang larangan akan dilepas dan peternak bebas mengeluarkan serta memperdagangkan kembali ayam maupun telur dari 26 peternakan tersebut," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas