Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berkunjung ke KBRI Brunei Darussalam, Mahasiswi UNIDA Gontor Jajaki Peluang Buka Usaha

KBRI Indonesia juga memberikan bantuan dalam memudahkan warga Indonesia yang ingin mengambil beasiswa studi di Brunei Darussalam.

Penulis: Husein Sanusi
zoom-in Berkunjung ke KBRI Brunei Darussalam, Mahasiswi UNIDA Gontor Jajaki Peluang Buka Usaha
Istimewa
Mahasiswi UNIDA Gontor Fakultas Ekonomi dan Manajemen semester 4 ke Brunei Darussalam 

TRIBUNNEWS.COM, BRUNEI - Dalam rangkaian studi akademik mahasiswi UNIDA Gontor Fakultas Ekonomi dan Manajemen semester 4 ke Brunei Darussalam, mereka mengunjungi Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Brunei Darussalam.

Disini mereka disambut oleh Bapak Arko Hananto Budiadi, kepala perwakilan RI di Brunei Darussalam.

Ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan dengan mahasiswi kali ini.

KBRI Indonesia memiliki beberapa komunitas-komunitas hobi dan profesi dari warga Indonesia untuk meningkatkan persatuan warga Indonesia yang ada di Brunei Darussalam.

KBRI Indonesia juga memberikan bantuan dalam memudahkan warga Indonesia yang ingin mengambil beasiswa studi di Brunei Darussalam. Dan juga dalam hal-hal yang lainnya.

Mahasiswi UNIDA Gontor Fakultas Ekonomi dan Manajemen semester 4 ke Brunei Darussalam
Mahasiswi UNIDA Gontor Fakultas Ekonomi dan Manajemen semester 4 ke Brunei Darussalam (Istimewa)

Salah satu soal yang diutarakan oleh mahasiswi kepada KBRI dalam fungsi ekonomi tentang bagaimana cara untuk membuka usaha di Brunei Darussalam.

Dan dijawab oleh Bapak Eko Himawan selaku fungsi ekonomi KBRI, membuka usaha di Brunei Darussalam ini sangatlah mudah, hanya dengan beberapa syarat, seperti dua syarat yang sangat penting yaitu halal dan sehat.

BERITA TERKAIT

Dan dalam perizinan pun dimudahkan, hanya 3 hari dan juga dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

Kunjungan ini merupakan kegiatan di hari ketiga studi akademik Mahasiswi Unida. Selama 9 hari studi akademik di Brunei Darussalam ini, mahasiswi UNIDA bertempat tinggal dan mendapat suport penuh dari UNISSA.

KBRI adalah perwakilan Indonesia di sebuah negara yang memiliki hubungan diplomatis dengan Indonesia.

Ada beberapa tugas yang dimiliki oleh KBRI dan ada juga beberapa fungsinya. Diantara lain fungsi dari KBRI adalah fungsi ekonomi, fungsi politik, fungsi protokol konsuler dan juga fungsi sosial budaya.

KBRI Indonesia yang ada di Brunei Darussalam ini memilik tempat yang luas, hal ini salah satunya karena besarnya populasi masyarakat Indonesia di Brunei.

Dari 471.000 ribu penduduk di Brunei, 1/4 nya adalah warga Indonesia. Warga Indonesia ini adalah mahasiswa/mahasiswi, tenaga kerja, pengusaha, dan yang lainnya.

Dan banyak dari mahasiswa/mahasiswi Indonesia mengambil studinya di UNISSA, Universitas Islam Sultan Sharif Ali.

Dengan luasnya tempat KBRI Indonesia, ada gedung yang biasanya digunakan untuk Sholat Ied dengan jumlah jama'ah hampir 1500 orang, dan KBRI Indonesia mulai memikirkan untuk perluasan tempat karena, memang tahun kemarin sudah tidak mencukupi kapasitasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas