Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Lee Myung-Bak Jadi Eks Presiden Korsel Keempat yang Ditangkap Atas Kasus Korupsi

Pria yang memimpin Korsel pada 2008-2013 itu menjadi mantan presiden Korsel keempat

Lee Myung-Bak Jadi Eks Presiden Korsel Keempat yang Ditangkap Atas Kasus Korupsi
net
ilustrasi korupsi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Mantan Presiden Korea Selatan, Lee Myung Bak ditangkap atas tuduhan korupsi, mulai dari penyuapan, penggelapan, penyalahgunaan kekuasaan dan penghindaran pajak.

Pria yang memimpin Korsel pada 2008-2013 itu menjadi mantan presiden Korsel keempat yang terjerat kasus korupsi setelah Park Geun-hye, Chun Doo-hwan dan Roh Tae-woo.

Dilansir dari CBC, Kamis (22/3/2018), rekaman televisi menunjukan Lee, keluar dari rumah dan berjabat tangan dengan mantan ajudannya, lalu masuk ke mobil yang diikuti kovoi dipimpin sepeda motor polisi berkendara ke arah Pusat Penahanan Seoul Timur.

Lee diduga menerima dana senilai 11 miliar won atau Rp. 139.5 miliar suapan dari agensinya sendiri, Samsung Group dan mantan ketua Woori Finance Holdings Co.

Lee juga diduga menggunakan perusahaan swasta sebagai saluran untuk membentuk dana gelap ilegal sebesar 35 milyar won (Rp. 444 miliar), menggelapkan dana resminya dan menghindari pajak.

"Saat ini, saya tidak akan menyalahkan orang lain. Saya menyalahkan diri sendiri dan menyesali perbuatan saya," ungkap Lee yang pada tulisan tangan yang diunggah ke akun Facebook-nya.

"Saya harap penderitaan keluarga dan rekan kerja saya berkurang setelah penahanan ini," imbas Lee.

Sebelumnya, Lee menyangkal segala tuduhan atas kasusnya. Ia mengatakan jaksa melakukan balas dendam politik atas nama pemerintahan liberal Presiden Moon Jae-in saat ini.

"Semoga ini adalah yang terakhir kalinya dalam sejarah seorang mantan presiden menjadi korban," tutur Lee.

Pengadilan Distrik Pusat Seoul menerbitkan surat perintah penangkapan Lee pada Kamis (22/3). Lee terancam hukuman penjara hingga 45 tahun jika terbukti bersalah.

Ikuti kami di
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas