Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Menteri India: Orang India adalah penemu internet dan teknologi satelit

Biplab Deb mengklaim internet sudah ditemukan ribuan tahun yang lalu oleh orang-orang India kuno, dan digunakan dalam perang Bharata Yudha antara

Seorang menteri India mengklaim bahwa internet sudah ditemukan ribuan tahun yang lalu oleh orang-orang India kuno, dan digunakan dalam perang Bharata Yudha antara Pandawa dan Astina.

Biplab Deb, menteri besar dari negara bagian Tripura, menyampaikan pandangannya itu di sebuah acara, Selasa (17/4) malam lalu.

Dia mengambil contoh dari epik Hindu kuno Mahabharata untuk membuktikan pandangannya. Tetapi masih belum banyak yang mendukungnya ternyata.

Yang terjadi malah olok-olok dan cemoohan di media sosial. "Tripura CM Biplap Deb" menjadi tren di Twitter, dan banyak warganet India menjadikannya bulan-bulanan.

Tetapi ini bukan pertama kalinya pejabat tinggi India menciptakan kehebohan sejenis. Sudah ada beberapa menteri di pemerintahan nasionalis Hindu BJP saat ini - termasuk Perdana Menteri Narendra Modi - yang mengklaim bahwa sejumlah pencapaian ilmiah atau teknologi modern telah ditemukan India berabad-abad lalu.

Pada tahun 2014, PM Narendra Modi mengatakan kepada para dokter dan staf medis di sebuah rumah sakit di Mumbai bahwa bedah kosmetik sudah ada di masa India kuno.

Beberapa bulan lalu, bulan September 2017, menteri muda bidang pendidikan Satyapal Singh membuat jutaan orang mengernyitkan alis ketika dia mengatakan bahwa pesawat terbang pertama kali disebut dalam epik Hindu kuno Ramayana.

Berbagai kalangan menyebut, kecenderungan othak-athik gathuk ini adalah tren berbahaya:

https://twitter.com/rupasubramanya/status/986442194130231297

Biplap Deb yang sedang jadi perbincangan sekarang ini, mengatakan bahwa pertempuran besar Bharatayudha di padang Kurusetra membuktikan keberadaan bukan hanya internet, tetapi juga teknologi satelit di masa India kuno.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas