Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Undang Kim Jong Un, Menko Puan Beri Maskot Asian Games ke Pemerintah Korut

Indonesia resmi mengundang pimpinan tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Undang Kim Jong Un, Menko Puan Beri Maskot Asian Games ke Pemerintah Korut
Humas Kemenko PMK
Menko PMK Puan Maharani menyerahkan maskot Asian Games 2018 kepada Presiden Presidium, H.E. Kim Yong Nam, Senin (30/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG -- Indonesia resmi mengundang pimpinan tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un dalam upacara pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta pada 18 Agustus 2018.

Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK), Puan Maharani, ditunjuk Presiden RI Jokowi sebagai utusan khusus untuk menyampaikan undangan tersebut.

Baca: Pesan Menarik Album New Funtastik Hits dan Senam Aerobik Nagaswara

Disampaikan oleh Sekretaris Pertama pada KBRI Pyongyang, Darusman Afrikoko diketerangannya, selain memberikan undangan Menko PMK juga memberikan tiga maskot Asian Games Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Kunjungan kehormatan delegasi Indonesia diterima oleh Presiden Presidium Kim Yong Nam, di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang, Korea Utara, Senin (30/7/2018).

Presiden Presidium Kim Yong Nam menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Joko Widodo atas undangan tersebut dan akan segera menyampaikannya kepada Pemimpin Tertinggi Kim Jong Un.

"Kim Yong Nam secara khusus menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian di Semenanjung Korea," demikian tertulis diketerangan yang diterima Tribun, Selasa (31/7/2018).

Puan Maharani didampingi pula Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia selaku Chief de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games, Komjen Pol Syafruddin, Duta Besar RI untuk RDRK, Bambang Hiendarsto, dan Direktur Asia Timur dan Pasifik, Kemenlu, Edi Yusup.

Disebutkan Puan, Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Lebih lanjut, pemerintah RI menyambut baik rencana kedua Korea untuk membentuk tim bersama dalam cabang olahraga di Asian Games 2018, yaitu bola basket putri, kano dan dayung.

Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara peserta Asian Games 2018.

Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjom, kedua Korea akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga sebagai satu tim Korea dan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.

Menko PMK juga mengutarakan kunjungan RI juga untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-Korea Utara, mengingat kedua bangsa miliki hubungan sejarah yang panjang dan khusus.

Hubungan persahabatan kedua bangsa dibangun oleh Bapak Bangsa Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung. Hubungan tersebut terus dibina dan dikembangkan oleh generasi penerus hingga saat ini.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas