Tribun

Jokowi Sampaikan Tiga Hal Saat Bertemu Delegasi Senat Republik Ceko

Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal kepada Presiden Senat Republik Ceko, Milan Stech, saat pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hasanudin Aco
Jokowi Sampaikan Tiga Hal Saat Bertemu Delegasi Senat Republik Ceko
Harian Warta Kota/henry lopulalan
Presiden Joko Widodo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga hal kepada Presiden Senat Republik Ceko, Milan Stech, saat pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/9/2018).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia dan Republik Ceko merupakan sahabat lama, dimana Ceko menjadi negara di Eropa yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia.

‎"Saya berkomitmen untuk terus memajukan kerjasama dengan Republik Ceko di berbagai bidang, khususnya di bidang perdagangan dan Industri," ujar Jokowi.

Wakil Menteri ‎Luar Negeri A.M Fachir yang turut mendampingi Presiden Jokowi menerima delegasi Senat Republik Ceko, menyampaikan, ada tiga hal yang disampaikan Presiden kepada ketua senat Republik Ceko.

‎"Pertama adalah bahwa beliau mendukung kerjasama parlemen tertutamanya untuk memajukan pluralisme dan toleransi sekaligus juga kerjasama ekonomi," ujar Fachir.

Baca: Mobil Presiden Jokowi Hendak Melintas, 4 Polisi di Solo Justru Sengaja Dahulukan Ambulans Lewat

Menurutnya, kedatangan delegasi senat Republik Ceko ke Istana, turut mengajak sejumlah pengusahanya yang menginginkan adanya kerjasama ekonomi dengan Indonesia.

"Kedua, pesan yang disampaikan adalah permintaan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia dan secara khusus kemudian di sampaiakan ini menyangkut 17 juta petani Indonesia yang terkait di dalam produk kelapa sawat ini," tutur Fachir.

"Ketiga permintaan dukungan agar Ceko juga bisa membantu mempercepat konklusi Indonesia IU CEPA," sambung Fachir.

Sementara Milan Stech menyampaikan, persoalan kerjasama energi, dimana negaranya mengalami surplus energi.

"Tadi ditawarkan antara lain energi untuk tenaga air, terus kemudian juga disampaikan upaya kerjasama di bidang otomotif, dan bapak Presiden secara terbuka mengatakan kita tentu ingin bekerjasama dalam pengembangan otomotif ini bahkan mengarah pad industru 4.0," papar Fachir.

Selain itu, Senat Republik Ceko juga menyampaikan mengenai kesehatan dan terkait pendidikan, yang menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia di bidang kedokteran.

"Malah diitawarkan tadi sudah bisa belajar di Ceko," ucapnya.

Ikuti kami di
  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas