Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Desain Medali Olimpiade Paralimpik 2020 Kemungkinan Memasukkan Unsur Sakura

Desain medali Olimpiade Paralimpik 2020 kemungkinan dengan memunculkan desain Sakura.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Desain Medali Olimpiade Paralimpik 2020 Kemungkinan Memasukkan Unsur Sakura
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Medali Olimpiade dan Paralimpik Rio dan London. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jepang memiliki keunikan di berbagai hal, salah satunya adalah Bunga Sakura yang dikenal di berbagai belahan dunia.

Desain medali Olimpiade Paralimpik 2020 kemungkinan dengan memunculkan desain Sakura, memudahkan semua orang mengenali lokasi penyelenggaraan Olimpiade Paralimpik tersebut.

"Kita memang sudah mendapatkan banyak desain dari berbagai medali Olimpiade dan Paralimpik dunia, salah satu desain dengan memasukkan unsur Sakura ke dalamnya. Namun masih dalam penggodokan oleh tim desain Olimpiade Paralimpik 2020," kata sumber Tribunnews.com, Jumat (15/2/2019).

"Andai pun dengan desain sakura, akan dilakukan modernisasi desain agar sakura nya lebih keren lagi," tambahnya.

Medali Olimpiade Paralimpik dibuat dari daur ulang berbagai produk seperti ponsel dan sebagainya dikumpulkan di berbagai lokasi di Jepang seperti toko elektronik, kantor pos dan sebagainya.

Kurang lebih 47.488 ton limbah elektronik yang telah dikumpulkan oleh berbagai otoritas Jepang, perusahaan swasta, dan para atlet nasional.

BERITA TERKAIT

Sebagian limbah elektronik tersebut berasal dari 5 juta ponsel bekas yang dikumpulkan di toko-toko NTT Docomo, operator seluler Jepang Softbank dan sebagainya yang juga menjual ponsel.

Puluhan ribu ton limbah elektronik diekstrak bahan dasar logam untuk dijadikan medali perunggu, perak, dan emas.

Untuk ekstrasi logam sendiri, komite Jepang telah memenuhi target 2.700 kg perunggu yang berarti sudah memenuhi 100 persen dari target.

Sedangkan target emas (30,3 kg) baru terpenuhi 28,4 kilogram atau sekitar 93,7 persen, dan target perak (4.100 kg) baru terpenuhi 3.500 kg atau sekitar 85,4 persen.

Meski jumlah emas dan perak yang ditargetkan belum terpenuhi, komite penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik 2020 yakin bakal memenuhi target tersebut sebelum proyek pengumpulan limbah elektronik berakhir pada 31 Maret mendatang.

Model atau desain medali Olimpiade Paralimpik akan diumumkan setahun sebelum pembukaan Olimpiade mendatang yaitu sekitar 24 Juli 2019 mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas