Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jumlah Penduduk Indonesia Berstatus Ilegal di Jepang 3.323 Orang

Jumlah warga negara Indonesia yang berstatus ilegal di Jepang (visa Jepang habis tetapi masih berada di Jepang) tercatat berjumlah 3.323 orang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Jumlah Penduduk Indonesia Berstatus Ilegal di Jepang 3.323 Orang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Data keberadaan penduduk ilegal asing di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jumlah warga negara Indonesia yang berstatus ilegal di Jepang (visa Jepang habis tetapi masih berada di Jepang) tercatat sedikitnya berjumlah 3.323 orang.

Jumlah ini mengalami kenaikan 60,1 persen atau kenaikan terbesar setelah Vietnam.

"Kami sangat prihatin banyaknya jumlah warga negara Indonesia yang menjadi penduduk ilegal di Jepang saat ini. Bahkan tidak sedikit kini yang memasuki dunia kejahatan di Jepang," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (28/3/2019).

Minggu lalu parlemen dan masyarakat Jepang dikagetkan dengan 700 pelajar Vietnam yang kabur dan menjadi ilegal dari sekolah Tokyo Fukushi Daigaku, atau Universitas Kesejahteraan Sosial Jepang.

Bahkan sekolah tersebut disidak petugar dari Kementerian Pendidikan Jepang, Selasa (26/3/2019).

Kini informasi yang diperoleh Tribunnews.com ternyata penduduk ilegal Indonesia juga mencapai 3.323 orang di Jepang, ketujuh terbanyak jumlah warga ilegal setelah Korea, Vietnam, China, Thailand, Taiwan dan Filipina.

Baca: Pekerjakan 40 WNI Ilegal di Jepang, Bos Perusahaan Perekrut Tenaga Kerja Ditangkap Polisi

BERITA REKOMENDASI

"Bahkan kenaikan jumlah penduduk ilegal sangat dratis 60 persen lebih. Inilah sebabnya mengapa visa dari Indonesia sangat ketat dimonitor oleh pihak Imigrasi Jepang," ungkapnya.

Oleh karena itu pengiriman tenaga kerja Indonesia di Jepang diperkirakan akan banyak ditolak Jepang di masa mendatang, kecuali pengiriman lewat pemerintah Indonesia khususnya lewat IM Japan yang masih dapat dipertimbangkan kelolosannya.

Tingkat kelolosan visa pelajar dan magang yang masuk ke Jepang saat ini sekitar 15 persen, artinya dari 100 orang yang mengajukan aplikasi visa pelajar dan atau kerja (magang) hanya 15 orang yang lolos mendapatkan visa.

Beda dengan tahun 2012 yang mencapai 98 persen.

Bagi yang berminat kerja ke Jepang dapat diskusi lebih lanjut lewat facebook (https://www.facebook.com/groups/kerjadijepang/) gratis dengan admin Andari Nara yang sangat ketat menjaga dengan baik diskusi dan postingan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas