Tribun Sport
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Mengatakan 'orang gay masuk neraka', kontrak pemain rugbi kenamaan dibatalkan

Kontrak pemain rugbi kenamaan Australia, Israel Folau, dibatalkan setelah menulis unggahan di media sosial yang menyebutkan "orang-orang gay

Israel Folau
Getty Images
Israel Folau mengatakan 'ia punya kewajiban untuk menyebarkan firman Tuhan'.

Kontrak pemain rugbi kenamaan Australia, Israel Folau, dibatalkan setelah menulis unggahan di media sosial yang menyebutkan "orang-orang gay akan masuk neraka".

Folau, 30 tahun, dipecat dari Rugbi Australia pada April namun meminta kasusnya ditangani oleh panel beranggotakan tiga orang.

Panel ini memutuskan Folau "bersalah melakukan pelanggaran kode etik secara serius" dan menguatkan keputusan yang diambil Rugbi Australia.

Ia sebelumnya menandatangani kontrak untuk menjadi pemain Rugbi Australia hingga 2022. Ia diberi waktu 72 jam untuk mengajukan banding.

Kasusnya berawal ketika April lalu, di Instagram ia menulis, "Orang-orang yang mabuk, homoseksual, orang yang berzina, pembohong, orang yang selingkuh, pencuri, ateis dan penyembah berhala - neraka menunggu kalian."

Folau mengatakan kecewa dengan pemecatan dirinya.

"Sebagai warga Australia, kita punya hak, termasuk hak untuk beragama dan hak untuk menyatakan pendapat. Nilai-nilai Krsiten menjadi bagian dari hidup saya dan saya meyakini saya punya kewajiban untuk menyebarkan firman Tuhan," kata Folau.

"Menjunjung keyakinan agama mestinya tidak menghalangi saya untuk bekerja dan bermain untuk klub dan negara saya," katanya.

Israel Folau
Getty Images
Di Instagram, Folau menulis 'orang-orang yang mabuk, homoseksual, pencuri, yang selingkuh akan masuk neraka'.

Direktur Rugbi Australia, Raelene Castle, mengatakan pihaknya tidak memilih untuk berada dalam situasi ini.

"Posisi kami adalah dengan tindakan Folau tersebut kami tak punya pilihan lain. Kami harus mengambil tindakan," kata Castle.

Rugbi Australia juga mengatakan semua orang, siapa pun mereka, harus merasa nyaman sebagai bagian dari rugbi.

Folau diperkirakan bisa turun sebagai anggota tim nasional Australia di Piala Dunia di Jepang tahun ini namun diduga ia tidak akan pernah dipilih sebagai anggota tim nasional Australia.

Castle mengatakan kehadiran Folau di tim nasional akan "menjadi gangguan".

Selain diberhentikan dari Rugbi Australia, Folau juga kehilangan kontrak dengan mobil Land Rover dan produsen pakaian olahraga Asics.

Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas