Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Imam Masjid Zagreb Kroasia: Prioritas Kami Mendidik Generasi Muda

Masjid Zagreb adalah masjid terbesar di Kroasia yang terletak di ibukota Kroasia, Zagreb. Arsitektur masjid ini unik, karena kubahnya berbentuk

Imam Masjid Zagreb Kroasia: Prioritas Kami Mendidik Generasi Muda
unida.gontor.ac.id
Utusan Universitas Darussalam Gontor, M. Taufiq Affandi, M.Sc., dan utusan dari┬áKBRI Zagreb, Bpk Henry Soratangsu visit ke Masjid Zagreb, selepas shalat Jumat, 31 Mei 2019. 

TRIBUNNEWS.COM - “Prioritas kami adalah mendidik generasi muda muslim sehingga menjadi muslim dan muslimah yang memiliki keimanan yang kuat,” tutur Syaikh Hafiz Aziz Alili, Imam Masjid Zabreb, Kroasia.

Hal tersebut disampaikan dengan bahasa Arab kepada utusan dari Universitas Darussalam Gontor, M. Taufiq Affandi, M.Sc., dan utusan dari KBRI Zagreb, Bpk Henry Soratangsu dan Bu Wirdah Habsyi, dalam courtesy visit ke Masjid Zagreb, selepas shalat Jumat (31 Mei 2019)

Masjid Zagreb adalah masjid terbesar di Kroasia yang terletak di ibukota Kroasia, Zagreb. Arsitektur masjid ini unik, karena kubahnya berbentuk seperti sebuah kubah yang terbelah tiga.

Masjid Zagreb mulai didirikan pada 1981 dan pembangunan selesai pada 1987. Sebelum berada pada lokasi yang sekarang ini, Masjid Zagreb berada di sebuah bangunan di pusat kota. Dalam salah satu lorong bangunan masjid saat ini, terdapat sebuah display yang menampilkan sejarah perpindahan masjid dari lokasi lama ke lokasi yang saat ini.

Masjid Zagreb
Masjid Zagreb (unida.gontor.ac.id)

Masjid sebagai Islamic Center
Tidak hanya berfungsi sebagai tempat sholat, masjid ini berperan sebagai Islamic Center. Di lantai dasar masjid ini terdapat Sekolah Menengah Islam “Dr. Ahmed Smajlovic”, di selasar masjid terdapat restoran yang menyediakan menu halal dan selalu dipenuhi pengunjung, dan baru-baru ini dibuka Institut Bahasa Arab dan Studi Islam.

“Keberadaan sekolah menengah Islam tersebut adalah untuk menjaga akidah generasi muda muslim dan memberikan mereka pendidikan yang Islami,” kata Syaikh Alili.

Pada kesempatan tersebut, utusan dari Universitas Darussalam Gontor menjelaskan secara singkat tentang masyarakat Islam di Indonesia, menyampaikan dukungan bagi berbagai inisiatif yang dilaksanakan oleh Islamic Center Zagreb, serta memohon doa untuk bangsa Indonesia.

Utusan Universitas Darussalam Gontor, M. Taufiq Affandi, M.Sc., dan utusan dari KBRI Zagreb, Bpk Henry Soratangsu  visit ke Masjid Zagreb, selepas shalat Jumat, 31 Mei 2019.
Utusan Universitas Darussalam Gontor, M. Taufiq Affandi, M.Sc., dan utusan dari KBRI Zagreb, Bpk Henry Soratangsu visit ke Masjid Zagreb, selepas shalat Jumat, 31 Mei 2019. (unida.gontor.ac.id)

Syaikh Alili, dalam momen tersebut, berkenan memberikan penjelasan tentang proses pembangunan Masjid Zagreb serta panitia yang terlibat di dalamnya. “Panitia dalam pembangunan masjid ini adalah orang-orang yang memiliki posisi penting dalam pemerintahan Kroasia,” ungkap Syaikh Alili sembari menunjuk foto para panitia pembangunan.

Pertemuan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Safari Ramadhan yang terlaksana dengan kerjasama antara Universitas Darussalam Gontor dan Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia yang mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Zagreb (KBRI Zagreb).

Selain untuk mempererat tali persaudaraan antara dua negara, pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara dua negara dalam berbagai bidang.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cindera mata antara kedua institusi

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Husein Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas