Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Indonesia pernah tukar pesawat dengan beras ketan dan sejumlah contoh barter di berbagai negara

Bagi beberapa negara, sistem barter telah menjadi bagian vital perdagangan dan salah satu contoh yang pernah terjadi adalah Indonesia menukar

Barter menjadi cara tertua dalam melakukan bisnis di dunia dan sejumlah contoh yang pernah terjadi adalah Indonesia menukar pesawat dengan beras ketan Thailand dan pepsi ditukar dengan kapal perang Uni Soviet.

Pertukaran barang dan jasa mendahului penggunaan uang dan diyakini berkembang sejak masyarakat sosial pertama. Kini, sistem barter identik dengan negara-negara yang bergejolak.

Contohnya, nelayan di Venezuela yang menukar ikan tangkapannya dengan kebutuhan makanan atau obat-obatan, karena hiperinflasi di negaranya yang terjadi selama beberapa tahun, membuat mata uang mereka tak berharga.

Atau, contoh lain, jaringan sistem barter di Yunani yang muncul pada saat negara itu berada di tengah-tengah krisis finansial sekitar delapan tahun lalu.

Bagaimana pun, bukan hanya perorangan yang melakukan barter, tapi juga pemerintah.

A Pepsi sign in the then Soviet Union in 1986
Getty Images
Agar masuk ke pasar Uni Soviet, Pepsi membarter minuman bersodanya dengan vodka atau bahkan kapal perang.

Dan lagi-lagi, seringkali ini karena negara tersebut menghadapi krisis dan isolasi keuangan di panggung dunia, seperti yang terjadi dengan Venezuela dan Iran saat ini.

Bagi kedua negara, sistem barter membuat mereka sedikit leluasa dari blokade ekonomi AS.

Sistem barter juga terkadang digunakan oleh perusahaan-perusahaan, seperti produsen pesawat Indonesia, Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) yang menukar dua pesawatnya dengan 110.000 ton beras ketan dari Thailand pada 1996. Hanya itu yang ditawarkan oleh para penjual Thailand saat itu.

Menilik sejarah, hal yang sama juga dilakukan oleh perusahaan raksasa asa AS, Pepsi yang menukar minuman bersodanya dengan saus tomat Uni Soviet, agar bisa masuk ke pasar negara itu pada 1970an.

Iran menukar minyak mentah dengan beras dari India. Beras adalah makanan utama bagi orang Iran.
Getty Images
Iran menukar minyak mentah dengan beras dari India. Beras adalah makanan utama bagi orang Iran.

Pepsi, yang memiliki jaringan gerai Pizza Hutt pada saat itu, menggunakan saus tomat di pizza bikinannya di seluruh Eropa barat.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas