Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengeboran Tembus Terowongan, Kereta Api Ekspres Nagasaki Jepang Tergores

Pengeboran menembus terowongan dan menghantam kereta api ekspres yang berjalan melintas terowongan di bawahnya.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pengeboran Tembus Terowongan, Kereta Api Ekspres Nagasaki Jepang Tergores
Foto NHK/Richard Susilo
Kereta api ekspres Nagasaki Line dari Nagasaki ke Hakata Fukuoka tergores bada bagian atasnya terkena pengeboran yang tembus dari atas ke dalam terowongan kereta api yang dilewati Nagasaki Line tersebut. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pertama kali terjadi di Jepang, pengeboran menembus terowongan dan menghantam kereta api ekspres yang berjalan melintas terowongan di bawahnya. Akibatnya terjadi kerusakan pada badan kereta api cukup parah.

"Kamis (11/7/2019) lalu terjadi kecelakaan di terowongan JR Nagasaki Line yang menuju Hakata dari Nagasaki, akibat peralatan pengeboran menembus langit-langit dan menyentuh kereta, dan beberapa kereta api yang melewati terowongan tersebut akhirnya juga rusak," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (13/7/2019).

Menurut Organisasi Kereta Api dan Transportasi Jepang, ditemukan bahwa gambar yang digunakan untuk pekerjaan pengeboran itu tidak termasuk daerah terowongan tersebut.

Menurut JR Kyushu, ketika melakukan pembangunan di tempat dekat lokasi rel, seharusnya melakukan kontak dan diskusi sebelumnya.

Organisasi Kereta Api dan Transportasi mengatakan, "Kami tidak menghubungi pihak JR Kyushu karena kami tidak menyadari bahwa terowongan itu ada di bawah gambar lokasi pengeboran."

Pengeboran diperintahkan untuk tujuan menemukan sumber air sebagai antisipasi terhadap kekeringan lokal yang disebabkan oleh pembangunan Kyushu Shinkansen dan Rute Nagasaki, dan pekerjaan dilanjutkan dari bulan Juli ini.

Gambar yang dibuat oleh organisasi kereta api dan transportasi yang memesan pekerjaan pengeboran sangat mirip dengan peta Lembaga Survei Geografis, di mana posisi terowongan digambarkan secara tidak benar, dan peta ini mungkin telah digunakan.

BERITA TERKAIT

Dalam peta Lembaga Survei Geografis, lokasi pengeboran berjarak sekitar 80 meter dari terowongan, tetapi data JR Kyushu adalah bahwa lokasi kerja pengeboran terletak tepat di atas terowongan.

Kereta api ekspres Nagasaki Line dari Nagasaki ke Hakata Fukuoka tergores bada bagian atasnya terkena pengeboran yang tembus dari atas ke dalam terowongan kereta api yang dilewati Nagasaki Line tersebut.
Kereta api ekspres Nagasaki Line dari Nagasaki ke Hakata Fukuoka tergores bada bagian atasnya terkena pengeboran yang tembus dari atas ke dalam terowongan kereta api yang dilewati Nagasaki Line tersebut. (Foto NHK/Richard Susilo)

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata telah memerintahkan penyelidikan terperinci, dengan mengatakan bahwa Organisasi Kereta Api dan Transportasi tidak mengkonfirmasi informasi seperti lokasi terowongan di JR.

Peta Institut Survei Geografis didasarkan pada peta yang dibuat oleh perusahaan swasta, dan pemerintah daerah diadopsi sebagai peta resmi.

Baca: Istri dan Kakaknya Disebut Maju Pilkada Serentak 2020, Apa Kata Gubernur Olly Dondokambey?

Baca: Kasus Ikan Asin Makin Rumit! Polisi Endus Kasus Pornografi dan Penipuan Libatkan Pablo Benua dan Rey

Baca: Deni Memutilasi Kekasih Gelapnya KW, Membakar Potongan Tubuhnya Hingga Menjual Mobil Milik Korban

Menurut Lembaga Survei Geografis, terowongan di mana masalah terjadi kali ini dijelaskan pada skala 1/25000 dan tidak diperbarui setelah terdaftar pada posisi saat ini sejak dibuat peta tersebut pada tahun 1955.

Meskipun peta 1/25.000 biasanya dibuat untuk menjaga kesalahan dalam radius 17,5m, terowongan bermasalah dijelaskan sekitar 80 meter utara dari yang sebenarnya.

"Kami pikir tidak tepat menggunakan Peta Survei Geografis dalam melakukan survei yang membosankan dan tidak bisa mentolerir kesalahan besar. Silakan gunakan gambar yang lebih rinci," ungkap Lembaga Survei Geografis.

Saat melakukan survei, keberadaan terowongan kereta api atau struktur lainnya dikonfirmasi di lokasi terdekat di peta Institut Survei Geografis, dan jika dekat, diputuskan untuk menanyakan kepada administrator seperti JR (Japan Railways).

"Apabila memang diperlukan, itu berarti bahwa lokasi dan gambar dan lainnya dari terowongan rinci akan dipesan dari perusahaan kereta api."

Namun, jika lokasi survei dan peta rute pada peta berjarak hampir 100 meter seperti saat ini, berarti bahwa sering kali tidak perlu bertanya kepada administrator, dan sering kali untuk segera melakukan konstruksi.

Biro Konstruksi Kyushu Shinkansen dari Organisasi Kereta Api dan Transportasi telah menyatakan bahwa gambar yang dibuat dan posisi aktual terowongan berada di luar fase rencana awal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas