Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Warga Bantai 4 Orang Karena Dicurigai Lakukan Praktik Ilmu Hitam dan Sihir

Keempat korban, yang berusia 60-an tahun, menjadi sasaran amarah warga yang menyerang mereka di luar kediaman korban

Warga Bantai 4 Orang Karena Dicurigai Lakukan Praktik Ilmu Hitam dan Sihir
Kolase Tribun Bogor
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, GUMLA -- Empat orang dari satu keluarga di India, termasuk dua perempuan, yang dituduh melakukan praktik sihir dan ilmu hitam, tewas akibat dipukuli warga desa menggunakan tongkat.

Keempat korban, yang berusia 60-an tahun, menjadi sasaran amarah warga yang menyerang mereka di luar kediaman korban pada Sabtu (20/7/2019) malam.

"(Insiden) ini berkaitan dengan praktik okultis setempat yang menyalahkan terjadinya hal-hal negatif di desa suku itu kepada anggota keluarga ini," kata Shashi Ranjan, wakil komisaris distrik Gumla, negara bagian Jharkhand, Minggu (21/7/2019).

Gumla merupakan kawasan yang didominasi pendidik kesukuan yang berada di wilayan berhutan, sekitar 100 kilometer dari kota Ranchi.

"Pasukan tambahan telah dikerahkan ke desa Siskari sejak pihak berwenang mengetahui terjadinya insiden itu," tambah Ranjan, kepada AFP.

Baca: Presenter TVRI Abu Saila Dibunuh Teman Dekat Sendiri, Istri Saksi Pertemuan Terakhir

Baca: Dari Tugu Pal Putih Yogyakarta, Lilik Jalan Kaki Menuju Istana Presiden

Baca: Ingin Anak Perempuan, Titi Kamal Pasrah Saat Christian Sugiono Disuruh Makan Sayur Tapi Pilih Daging

"Itu adalah desa yang damai, tetapi tidak seorang pun, bahkan dari anggota keluarga korban yang selamat, mau mengatakan hal apa pun, mungkin karena takut," imbuhnya.

Pejabat senior distrik mengatakan, penyelidikan hingga kini masih berlanjut, tetapi belum ada pihak yang ditahan.

Para pakar mengatakan, kepercayaan terhadap sihir dan ilmu hitam masih tersebar luas dalam komunitas pedesaan miskin di India, terutama di komunitas suku terpencil.

Di masa lalu, wanita sering dicap sebagai penyihir dan dijadikan sasaran kemarahan oleh penduduk setempat.

Beberapa percaya pada okultisme, tetapi ada juga yang memiliki motif lain, termasuk merebut hak tanah dan properti mereka.

Lebih dari 2.000 orang, banyak di antaranya adalah perempuan, telah terbunuh di India dengan tuduhan melakukan sihir antara tahun 2000 dan 2012, demikian menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional.

Tingginya korban berkaitan dengan tuduhan praktik sihir itu mendorong beberapa negara bagian, termasuk Jharkhand, memperkenalkan undang-undang khusus untuk mencoba menghentikan kejahatan terhadap orang-orang yang dituduh melakukan sihir dan takhayul. (Agni Vidya Perdana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dituduh Praktikkan Ilmu Hitam, 4 Anggota Keluarga Dibunuh Warga Desa",

Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas