Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Batasi jumlah imigran, pemerintahan Trump ubah puisi di Patung Liberty

Kutipan puisi di simbol kebebasan Amerika Serikat diubah. Langkah itu disebut tak sesuai cita-cita luhur kemerdekaan AS.

Pejabat tinggi imigrasi Amerika Serikat mengubah kutipan yang tertulis di Patung Liberty, New York, untuk menyokong kebijakan Presiden Donald Trump menghentikan bantuan makanan bagi imigran bersurat resmi.

Kepala Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS, Ken Cuccinelli, mengubah kutipan bertuliskan, "Berikan kepadaku orang-orang yang lelah, miskin, dan kerumunan massa yang merindukan kebebasan".

Kutipan itu ditambah dengan kalimat, "yang bisa berdiri di atas kedua kaki mereka sendiri dan yang tidak akan menjadi beban publik."

Senin (12/08), Cuccinelli mengumumkan pemberlakuan ketentuan biaya publik yang membatasi imigran resmi mendapatkan manfaat sosial seperti perumahan dan makanan.

Amerika Serikat
Getty Images
Puisi berjudul The New Colossus ditulis penyair kelahiran New York, Emma Lazarus, tahun 1883.

Regulasi yang disebut peraturan biaya publik itu diluncurkan di Lembaran Federal. Ketentuan ini bakal resmi berlaku 15 Oktober mendatang.

Pemerintahan Donald Trump berharap pergantian aturan ini dapat menegakkan ketahanan nasional. Namun sejumlah pihak mengkritik, regulasi itu akan membatasi kelas ekonomi bawah AS meraih bantuan sosial.

Apa yang dikatakan pemerintah AS?

Selasa lalu, Cuccinelli ditanyai oleh National Public Radio (NPR), apakah makna dalam puisi yang ditulis tahun 1883 dan berjudul The New Colossus di Patung Liberty masih berlaku.

"Apakah Anda setuju bahwa kalimat yang tertera, 'Berikan kepadaku orang-orang lelah dan miskin' merupakan bagian dari pandangan hidup Amerika?" kata wartawan NPR, Rachel Martin.

"Tentu saja," kata Cuccinelli. "Berikan kepadaku orang lelah dan miskin—yang dapat berdiri di dua kaki mereka sendiri dan tidak akan menjadi beban masyarakat," tuturnya.

"Lempengan berisi tulisan itu ditempelkan ke Patung Liberty pada waktu yang hampir bersamaan dengan pengesahan regulasi anggaran publik."

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas