Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Kebakaran Amazon: 'Rumah kita sedang terbakar', kata presiden Prancis menjelang KTT G7

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, menyerukan supaya masalah kebakaran hutan Amazon dibicarakan di KTT G7. Tapi seruan ini membuat marah Presiden

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan kebakaran yang mencapai tingkat rekor di hutan hujan Amazon adalah "krisis internasional" yang harus menjadi agenda prioritas di Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara G7.

"Rumah kita sedang terbakar," ujarnya dalam sebuah cuitan.

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, mengatakan pemerintahnya "terbuka untuk dialog" tentang kebakaran di Amazon.

Tapi ia berkata seruan untuk membicarakan topik tersebut di KTT G7, yang tidak menyertakan Brasil, memberi kesan "pola pikir penjajah yang salah tempat".

Data satelit yang diterbitkan Institut Nasional untuk Riset Antariksa Brasil (Inpe) menunjukkan kebakaran hutan meningkat 85% di seluruh Brasil pada tahun ini, sebagian besar terjadi di wilayah Amazon.

Para pegiat lingkungan menyalahkan pemerintahan Bolsonaro atas masalah Amazon. Mereka menudingnya mendorong penebang kayu dan petani untuk membuka lahan.

Bolsonaro mengklaim bahwa organisasi non-pemerintah yang menyulut api, tapi mengakui bahwa ia tidak punya bukti.

Macron, yang menjadi tuan rumah KTT G7 akhir pekan ini yang diikuti beberapa negara dengan ekonomi termaju di dunia, memperingatkan pada hari Kamis (22/08) bahwa 'kesehatan' Amazon adalah masalah yang menjadi perhatian internasional.

"Hutan hujan Amazon – paru-paru yang memproduksi 20% oksigen di planet kita – sedang terbakar," ujarnya dalam sebuah twit. "Para anggota KTT G7, mari kita diskusikan kondisi darurat ini pertama-tama dalam dua hari!"

https://twitter.com/EmmanuelMacron/status/1164617008962527232

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas