Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Apa yang terjadi ketika kita tertidur saat kendarai mobil swakemudi?

Badan penelitian tengah mengembangkan sistem mobil swakemudi yang memungkinkan kita bisa berkendara dengan aman meski kita tertidur saat menjalankan

Banyak negara dan juga pabrikan mobil yang tengah menguji coba mobil swakemudi, mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa kontrol manusia.

Di Inggris mobil swakemudi, kadang juga disebut mobil otonom, diperkirakan masuk ke pasar pada 2021.

Saat ini, regulator, pabrikan, badan penelitian, perguruan tinggi, lembaga konsumen dan asuransi tengah menyiapkan teknologi dan peraturan yang ditujukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan ketika mobil swakemudi benar-benar boleh dipakai di jalan.

Termasuk mengantisipasi apa yang terjadi jika pengemudi tiba-tiba saja tertidur.

Para pengembang mobil swakemudi mengatakan, jika itu terjadi maka mobil secara otomatis akan mengingatkan sopir untuk mengambil alih kendali.

Jika itu tidak terjadi, maka kendaraan akan melambat dan akhirnya berhenti.

Namun pihak asuransi tidak puas dan ingin ada perubahan karena bisa berhenti saja tidak cukup. Bagaimana jika mobil berhenti di tengah jalan yang ramai? Bukankah ini membuka kemungkinan tertabrak oleh kendaraan dari belakang?

Atau bagaimana jika berhenti di jalan tol, di mana mobil-mobil biasanya melaju dalam kecepatan tinggi?

Berawal dari kekhawatiran ini, Thatcham Research, badan penelitian yang didirikan konsorsium asuransi kendaraan di Inggris, mendesak agar mobil swakemudi berhenti di pinggir jalan atau di luar jalur utama di jalan raya ketika sopir tertidur.

Tinggalkan jalan yang ramai

Kecelakaan
BBC
Pihak asuransi tidak ingin mobil swakemudi berhenti di tengah jalan ketika sopir tertidur. Mereka meminta penambahan sistem yang meningkatkan keselamatan pemakai kendaraan.

Matthew Avery, peneliti Thatcham Research, mengatakan setiap mobil swakemudi harus dilengkapi peranti yang bisa memonitor sopir apakah ia terjaga dan mengawasi kendaraan atau tidak.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas