Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jerman Terancam Resesi Ekonomi di Kuartal III 2019

Institusi ekonomi RWI juga memangkas prediksi pertumbuhan untuk ekonomi Jerman untuk tahun ini menjadi 0,4% dari sebelumnya 0,8%.

Jerman Terancam Resesi Ekonomi di Kuartal III 2019
Daniel Reinhardt/DPA
Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz. 

TRIBUNNEWS.COM, BERLIN - Kiel Institute for the World Economy (IfW) memprediksi, perekonomian Jerman akan jatuh ke jurang resesi pada kuartal yang tengah berjalan saat ini.

Terkait hal itu, Rabu (11/9/2019) kemarin IfW  memangkas prediksi pertumbuhan untuk negara dengan perekonomian terbesar di Eropa tersebut akibat perang dagang dan ketidakpastian Brexit.

Melansir Reuters, IfW memprediksi, pada kuartal III 2019, perekonomian Jerman akan turun 0,3% dari kuartal sebelumnya yang terkontraksi 0,1%.

Institut ini juga memangkas prediksi pertumbuhan ekonomi Jerman di tahun ini menjadi 0,4% dari sebelumnya 0,6%. Sedangkan untuk tahun 2020, IfW melihat bakal ada pertumbuhan sebesar 1,0%.

Meski demikian, prediksi itu lebih rendah dari estimasi sebelumnya sebesar 1,6%. Adapun untuk 2021, IfW memprediksi ekspansi sebesar 1,4%.

Baca: Uang Nasabah Rp 14 Juta Hilang, BRI Janji Investigasi

"Masalah utamanya ada pada perselisihan perang dagang Donald Trump, bukan karena kenaikan tarifnya, melainkan ketidakpastian mengenai apa yang akan terjadi selanjutnya. Ketidakpastian merupakan racun untuk keputusan investasi," papar Presiden IfW Gabriel Felbermayr sepertin yang dikutip Reuters.

Baca: Mengecewakan! ICW: Pemilihan Calon Pimpinan KPK Berakhir Antiklimaks

Meski demikian, dia mencatat, banyak negara-negara berkembang di seluruh dunia yang masih bisa meningkatkan perekonomiannya.

"Hal ini menawarkan kesempatan ekspor yang besar bagi mesin-mesin Jerman dan pabrik manufaktur. Sehingga, tidak ada alasan untuk mempertanyakan orientasi ekspor perekonomian Jerman," paparnya.

Baca: Anies Baswedan: Belajar yang Rajin, Biar Kalau Besar Kamu Pintar Seperti Pak Habibie. . .

Institusi ekonomi RWI juga memangkas prediksi pertumbuhan untuk ekonomi Jerman untuk tahun ini menjadi 0,4% dari sebelumnya 0,8%. Untuk tahun 2020, RWI melihat ekonomi Jerman bakal tumbuh 0,9%.

"Secara khusus, penurunan produksi akan terus berlanjut di sektor manufaktur, khususnya industri otomotif. Ini menaikkan risiko bahwa ekonomi Jerman akan jatuh ke jurang resesi," demikian hasil riset RWI.

Kanselir Angela Merkel mengatakan kepada anggota parlemen sebelumnya, situasi ekonomi Jerman saat ini dapat diartikan sebagai pendapatan pajak yang lebih rendah dari yang ditargetkan.

Hal ini dapat membatasi ruang fiskal pemerintah untuk menghadapi resesi.

Namun, Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz mengatakan kepada anggota parlemen pada hari Selasa bahwa Jerman siap untuk memompa "banyak, banyak miliaran euro" ke dalam ekonominya untuk melawan setiap perlambatan pertumbuhan yang signifikan dan Jerman harus mengambil langkah berani untuk memerangi perubahan iklim sebelum terlambat.

Barratut Taqiyyah Rafie/Sumber: Reuters
Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Sinyal merah dari Eropa: Jerman bakal tergelincir ke jurang resesi di kuartal 3 2019

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas