Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Untuk Pertama Kalinya Pemilu di Uzbekistan Pakai Kode Pemilihan

Uzbekistan untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan pemilihan parlemen menggunakan sistem yang berbasis pada Kode Pemilihan baru

Untuk Pertama Kalinya Pemilu di Uzbekistan Pakai Kode Pemilihan
SETPRES
Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri (PM) Uzbekistan Zoyir Mirzaev di Istana Merdeka, Senin (21/8/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Uzbekistan memasuki babak baru dalam sistem politik mereka. Uzbekistan untuk pertama kalinya akan menyelenggarakan pemilihan parlemen menggunakan sistem yang berbasis pada Kode Pemilihan baru.

Lima partai politik Uzbekistan akan mengajukan nama-nama kandidat anggota parlemen. Lima partai tersebut adalah Partai Kebangkitan Nasional, Partai Demokrasi Rakyat, Partai Demokrasi Liberal Uzbekistan, Partai Demokrasi Sosial Adolat dan Partai Ekologis.

Mengacu pada Kode Pemilihan baru, partai-partai politik Uzbekistan memiliki hak untuk mengajukan 150 orang kandidat dari seluruh daerah pemilihan. Kandidat-kandidat tersebut akan duduk di Dewan Legislatif.

Sebanyak lebih dari 20 juta pemilik suara akan mengikuti pemilihan umum tersebut. Selain itu, sebanyak lebih dari 2 juta orang muda akan mengikuti pemilu untuk pertama kali.

Komisi Pemilihan Umum Republik Uzbekistan meluncurkan kampanye pemilihan parlemen pada 20 September 2019 lalu. Ketua Komisi Pemilihan Umum Mirza-Ulugbek Abdulsalomov mengatakan pemilihan umum parlemen adalah hal yang penting bagi penerapan reformasi demokrasi di Uzbekistan. Pemilihan umum parlemen menggambarkan masa depan program-program kerja pengembangan strategis.

Sejak Shavkat M. Mirziyoyev terpilih sebagai presiden Uzbekistan pada 2016, reformasi di bidang politik, hukum dan ekonomi terasa sangat luar biasa. Prioritas pemerintah Uzbekistan saat ini adalah menegakkan hukum dan mengimplementasikan prinsip-prinsip demokrasi di institusi-institusi pemerintah. Pemilihan umum parlemen mendatang memainkan peranan penting dalam masa reformasi di Uzbekistan.

Komisi Pemilihan Umum Uzbekistan menetapkan 22 Desember 2019 sebagai hari pemilihan anggota-anggota dewan yang akan duduk di Dewan Legislatif Oliy Majlis (parlemen) Republik Uzbekistan dan wakil-wakil yang duduk di Kengashes (cabang parlemen).

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Deodatus Pradipto
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas