Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kodomo Shokudo Sediakan Makan Gratis untuk Anak-anak Miskin di Jepang

Anak-anak miskin dan kurang mampu yang ada di Jepang kini diberikan makan gratis di tempat tertentu yang disediakan pihak pemda setempat.

Kodomo Shokudo Sediakan Makan Gratis untuk Anak-anak Miskin di Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Suasana lokasi kantin Kodomo Shokudo yang memberikan makanan gratis kepada anak-anak, sementara orang dewasa bayar 300 yen. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Siapa bilang di Jepang tak ada orang miskin? Namun anak-anak miskin dan kurang mampu yang ada di Jepang kini diberikan makan gratis di tempat tertentu yang disediakan pihak pemda setempat.

"Kita berikan anak-anak sampai usia SMA. Bahkan kalau ada mahasiswa yang kesusahan hidup juga bisa makan gratis setelah jadi volunteer bantu-bantu lalu bisa makan gratis," kata Keiko Amano, seorang sukarelawan Wakuwaku Network di kantin Kodomo Shokudo kepada Tribunnews.com, Kamis (10/10/2019).

Setiap Kamis minggu kedua dan minggu keempat di Toshimaku ada kantin Kodomo Shokudo yang buka dari jam 17.00 hingga 19.00 yang memberikan makan gratis kepada anak-anak dan 300 yen kepada orang dewasa.

Baca: Densus 88 Sita Dokumen Amaliyah Hingga Pisau Belati di Kamar Penjaga Bengkel

"Semua kita kerja sukarela tak dibayar. Uang makanan dari sumbangan Pemda Tokushima sebagian dan sebagian dari uang yang kita terima 300 yen tersebut dari orang dewasa dan beras dapat gratis dari produsen beras yang memberikan cuma-cuma kepada kita. Kadang juga ada dari para anggota volunteer kita sendiri juga menyumbangkan beras buat acara tersebut," tambahnya.

Pemberian makanan gratis tersebut sedikitnya dilakukan di 12 tempat di Toshimaku dengan hari berbeda-beda.

Suasana lokasi kantin Kodomo Shokudo yang memberikan makanan gratis kepada anak-anak, sementara orang dewasa bayar 300 yen.
Suasana lokasi kantin Kodomo Shokudo yang memberikan makanan gratis kepada anak-anak, sementara orang dewasa bayar 300 yen. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Pendaftaran semakin hari semakin banyak bahkan mencapai lebih dari 100 orang. Jadi kita batasi dulu saat ini sekitar 60 orang," ungkapnya.

Anak-anak kebanyakan bersama ibunya saat makan di kantin tersebut di tempat yang disediakan para volunteer, tidak sewa, gedung milik seseorang yang merelakan dipakai gratis untuk acara tersebut.

Lokasinya tepat di depan stasiun kereta api Shinamachi (Seibu Ikebukuro Line) satu stasiun dari Ikebukuro.

"Enak makanan di sini dan banyak anak-anak jadi anak saya juga senang punya teman baru kalau makan di sini. Sudah ke lima kali," ungkap Oshima, seorang ibu yang membawa putranya usia dua tahun makan di kantin tersebut.

Makanan bukan hanya banyak variasi dan volumenya tetapi makanan berprotein yang dibuat karena memang menargetkan anak-anak yang sedang membutuhkan protein yang baik.

Baca: Tragedi Penyerangan Tokoh, Wiranto, John F Kennedy Hingga John Lennon, Ada yang Meninggal Seketika

Lokasi kantin tiga lantai dan satu basement dipenuhi para anak dan ibu terkadang para suami juga ikut serta meramaikan gedung tersebut untuk kegiatan sosial setiap dua kali seminggu.

"Saat ini berbagai harga mulai mahal di Jepang kita juga agak kewalahan belanja dalam kehidupan sehari-hari yang semakin berat saat ini di Jepang, apalagi kenaikan PPN menjadi 10 persen saat ini," ungkap ibu lainnya yang tak mau disebutkan namanya.

"Itulah sebabnya saya dan anak-anak ke sini, bisa mengisi perut dan anak-anak bisa main-main dengan sesama anak lainnya," tambahnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas