Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
BBC

Kebakaran semak di Australia mencatat rekor, warga terperangkap

Kebakaran semak yang terjadi di Negara Bagian New South Wales mencatat rekor situasi darurat yang belum pernah ada sebelumnya, membuat warga

Pihak berwenang Australia menyatakan kebakaran yang sedang terjadi sejak September menciptakan situasi darurat yang belum pernah ada presedennya di Australia.

Lebih dari 90 titik kebakaran mengancam beberapa tempat di negara bagian New South Wales (NSW) hari Jumat (08/11).

Angin kencang dan temperatur yang mencapai 35 derajat Celcius memperburuk kebakaran yang terjadi di daerah-daerah yang dilanda kekeringan.

Beberapa laporan menyatakan penduduk terperangkap di rumah-rumah mereka di beberapa lokasi, dan regu penyelamat tak bisa menolong karena kuatnya kobaran api.

"Kami berada dalam situasi yang belum pernah ada sebelumnya," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan Shane Fitzsimmons, mengomentari sedikitnya 17 kobaran masuk ke tingkat ancaman tertinggi.

"Kami belum pernah melihat banyaknya kobaran yang secara bersamaan masuk ke dalam kategori darurat," katanya.

Perkembangan terakhir

Pihak berwenang mengerahkan lebih dari 1.000 anggota pemadam kebakaran dan 70 pesawat untuk "meyelamatkan sebanyak mungkin orang," kata Fitzsimmons.

Dinas Kebakaran Pedesaan bercuit hari Jumat (08/11) bahwa "karena kecepatan dan besarnya kobaran, kami tak bisa menjangkau semua orang baik lewat jalan maupun dengan menggunakan helikopter".

Banyak yang diperintahkan untuk mencari perlindungan dari api ketimbang untuk lari menyelamatkan diri karena sudah terlambat.

Peringatan gawat darurat juga diumumkan hari Jumat terkait kebakaran semak di Queensland dan Western Australia.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Sumber: BBC Indonesia
BBC
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas