Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setelah Habisi Qassem Soleimani, Amerika Mengaku Siap Negosiasi dengan Iran

Amerika Serikat (AS) mengatakan siap untuk melibatkan diri dalam negosiasi yang serius dengan Iran setelah kedua belah negara saling bermusuhan.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Setelah Habisi Qassem Soleimani, Amerika Mengaku Siap Negosiasi dengan Iran
Leader.ir
Masyarakat Teheran tumpah ke jalan-jalan memberi penghormatan terakhir kepada mendiang Qassem Soleimani. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengatakan siap untuk melibatkan diri dalam negosiasi yang serius dengan Iran setelah kedua belah negara saling bermusuhan.

Pernyataan ini disampaikan setelah terjadinya eskalasi di Timur Tengah akibat pembunuhan yang dilakukan Amerika terhadap Jenderal Iran, Qassem Soleimani.

 AS menyampaikan kepada PBB melalui surat bahwa serangan yang menewaskan Jenderal Iran Qasem Soleimani adalah aksi membela diri. 

Dalam surat kepada Dewan Keamanan PBB, Dutabesar AS untuk PBB Kelly Craft mengatakan AS siap bernegosiasi.

"Dengan tujuan untuk mencegah bahaya lebih lanjut terkait kedamaian internasional dan keamanan atau peningkatan oleh rezim Iran," ujar Kelly, seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/1/2020).

Sementara Duta besar Iran untuk PBB Majid Takht Ravanchi mengatakan tawaran AS untuk bernegosiasi sebagai sesuatu yang luar biasa. Karena di sisi lain AS terus menegakkan sanksi ekonomi yang keras terhadap Iran.

BERITA REKOMENDASI

Sementara itu, Iran juga mengutip Artikel 51 sebagai pembenaran atas serangan terhadap pangkalan AS dalam surat Iran kepada PBB.

Tehran tidak berusaha meningkatkan situasi atau perang setelah melakukan aksi pertahanan diri dengan mengambil tindakan militer yang terukur dan proporsional menargetkan pangkalan udara AS di Irak," tulis Ravanchi dalam surat tersebut.

"Operasi ini tepat dan ditujukan untuk tujuan militer dengan tidak meninggalkan dampak kepada warga sipil dan aset sipil di area tersebut," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas