Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Tak Pernah ke China, Pria asal Jepang Ini Terkena Virus Corona

Seorang pria Jepang yang tidak pernah ke China dilaporkan positif terkena virus corona, demikian keterangan pemerintah setempat.

Tak Pernah ke China, Pria asal Jepang Ini Terkena Virus Corona
CNN.COM
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Seorang pria Jepang yang tidak pernah ke China dilaporkan positif terkena virus corona, demikian keterangan pemerintah setempat.

Korban disebut berusia 60-an dan berasal dari Nara, barat Negeri "Sakura".. Dia disebut merupakan sopir bagi kelompok wisatawan asal Wuhan.

Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato menyatakan saat wabah virus corona merebak, pria itu diketahui mengantar dua rombongan turis Wuhan yang berbeda pada awal Januari.

Baca: Pesawat Carter Pertama Bertolak dari Tokyo ke Wuhan Untuk Evakuasi 200 Warga Jepang

Baca: Simak Daftar Hewan yang di Klaim Bisa Sebarkan Virus Corona ke Manusia Menurut Ahli Mikro Biologi

Dilaporkan Jiji seperti dikutip Reuters via The Guardian Selasa (28/1/2020), Wuhan adalah kota yang menjadi asal penyebaran virus corona.

Korban yang tak disebutkan identitasnya itu kemudian dilarikan ke rumah sakit karena menderita gejala mirip flu pada Sabtu (25/1/2020).

Sumber dari kementerian kesehatan kepada AFP berujar, mereka tidak mempunyai informasi bahwa korban melakukan perjalanan ke China.

"Jika itu benar, bisa jadi dia terpapar virus dari turis. Maka ini bisa menjadi pertama kalinya ada penularan antar-manusia di Jepang," ujar sumber itu.

Sementara terdapat satu kasus lagi sehingga total, terdapat enam orang yang positif terinfeksi patogen dengan kode 2019-nCov itu.

Tokyo sudah menerapkan aturan pengecekan baru terhadap para penumpang yang datang dari China, dan berencana mengevakuasi warganya dari Wuhan.

Berdasarkan pernyataan otoritas setempat, nantinya pesawat yang disewa bakal menerbangkan 200 dari 650 orang Jepang yang tinggal di ibu kota Provinsi Hubei tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pria Jepang yang Tak Pernah ke China Terkena Virus Corona"

Ikuti kami di
Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas