Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Malaysia: Virus Corona Tak Akan Mengubah Kalian Jadi Zombie

Kasus kematian terbaru dilaporkan di luar China, tepatnya diumumkan oleh pemerintah Filipina, di mana korban merupakan pria 44 tahun asal Wuhan.

Pemerintah Malaysia: Virus Corona Tak Akan Mengubah Kalian Jadi Zombie
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Sejumlah WNI yang berasal dari Wuhan, China turun dari pesawat Batik Air di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Sebanyak 238 WNI dipulangkan dari Wuhan, China dikarenakan munculnya virus Corona di Provinsi Hubei tepatnya di Kota Wuhan, China. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Pemerintah Malaysia menekankan, virus corona tidak akan mengubah penderitanya menjadi zombie di tengah berbagai simpang siur yang beredar.

Kabar itu terjadi setelah patogen yang pertama kali dilaporkan di Pasar Seafood Huanan di Wuhan, China, itu sudah membunuh 305 orang.

Kasus kematian terbaru dilaporkan di luar China, tepatnya diumumkan oleh pemerintah Filipina, di mana korban merupakan pria 44 tahun asal Wuhan.

Baca: Pemerintah Indonesia Tutup Rute Penerbangan ke China Mulai 5 Februari 2020

Baca: Warga Natuna Demo, Minta WNI dari Wuhan Dipindah ke Kapal TNI dan Ditempatkan di Lepas Pantai

Baca: Antisipasi Penularan Virus Corona, Pemerintah Tutup Penerbangan dari dan ke China

Di tengah upaya Malaysia memerangi dan merawat korban virus corona, muncul rumor yang mengaitkan penyakit itu dengan zombie, dan membuat pemerintah angkat bicara.

Sanggahan itu diumumkan Kementerian Kesehatan Malaysia dalam kicauannya di Twitter, sebagaimana diwartakan kantor berita AFP Minggu (2/2/2020).

"Klaim bahwa orang yang terpapar virus itu bakal berperilaku sebagai zombie tidaklah benar. Pasien itu akan sembuh," tegas kementerian.

Kicauan itu juga meluruskan sejumlah kabar burung di media sosial mengenai jumlah orang yang terinfeksi atau meninggal di Negeri "Jiran".

Dalam pernyataan Kementerian Komunikasi dan Multimedia, aparat sudah menangkap setidaknya enam orang karena dianggap menyebarkan kabar palsu.

Dalam penangkapan terakhir yang terjadi Kamis pekan lalu (23/1/2020), seorang perempuan berusia 28 tahun ditangkap karena "menggunakan dunia maya secara sembarangan".

Jika terbukti bersalah, perempuan tersebut bisa didenda 50.000 ringgit, sekitar Rp 167,2 juta, atau dipenjara selama setahun, atau bahkan keduanya.

Hingga Minggu, jumlah orang yang terinfeksi virus corona di China mencapai 14.500, melebihi wabah Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS) pada 2002-2003.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) kemudian mengumumkan status darurat setelah lebih dari 20 negara di dunia mengonfirmasi kasus positif mereka yang terinfeksi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Malaysia: Virus Corona Tak Akan Mengubah Kalian Jadi Zombie"

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas