Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Jepang Turunkan Penumpang Lansia dari Kapal Pesiar Diamond Princess

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan kepada wartawan, belum merilis jumlah pasti dan kemana para lansia ini akan dipindahkan.

Jepang Turunkan Penumpang Lansia dari Kapal Pesiar Diamond Princess
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kapal Diamond Princess yang berlabuh di Teluk Yokohama, Jepang. 

TRIBUNNEWS.COM, JEPANG -- Otoritas Jepang mulai menurunkan penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang berusia lanjut dan tes virus corona-nya negatif hari ini, Jumat (14/2/2020).

Pemindahan dilakukan lantaran, ada lonjakan kasus positif virus covid-19 yang kini mencapai 218 orang, sementara ada ratusan orang berusia lebih dari 80an yang menjadi penumpang kapal.

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan kepada wartawan, belum merilis jumlah pasti dan kemana para lansia ini akan dipindahkan.

Baca: Viral Video Polisi Gendong ke Rumah Sakit Penumpang Transjakarta yang Terkena Serangan Jantung

"Kami sadar banyak orang khawatir dan prihatin dengan situasi ini. Namun, untuk memperbaiki situasi pemerintah melakukan upaya terbaiknya," kata dia dalam pernyataannya seperti dikutip dari AFP.

Sementara itu, bagi penumpang yang memiliki resiko tinggi terjangkit virus corona juga segera diturunkan dari kapal, usai mengikuti tes virus.

Baca: BREAKING NEWS: China Umumkan 6.723 Pasien Virus Corona Sembuh

"Mereka yang hasil tesnya positif akan ditransfer ke rumah sakit. Mereka yang tes negatif diturunkan dan dipindahkan ke akomodasi yang disediakan oleh pemerintah," ujar Pejabat senior kementerian kesehatan Gaku Hashimoto.

Kapal Diamond Princess harus ditambatkan di Pelabuhan Yokohama, sejak 3/2. Kapal membawa sekitar 3.700 orang, terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 kru kapal, di mana 78 WNI menjadi ABK.

Semua penumpang dan kru harus mengikuti proses karantina di kapal selama 2 pekan, atau sampai 19 Februari 2020 mendatang.

Baca: Wacana Pemulangan 600 WNI Eks ISIS Jadi Ramai, Fadli Zon: Gara-gara Menteri Agama

Baik kru dan penumpang kapal yang dinyatakan positif covid-19, dipindahkan secara bertahap dan diisolasi di rumah sakit di Prefektur Kanagawa.

Kementerian Luar Negeri RI terus memantau perkembangan 78 WNI kru kapal tersebut. Kemlu menyatakan, keadaan 78 WNI sehat dan negatif virus corona.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas