Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pencakar Langit 48 Lantai di Dubai Terbakar, Pemicunya Puntung Rokok yang Dilempar

Puing-puing yang jatuh saat kebakaran merusak 16 kendaraan di sekitar gedung, serta 17 kendaraan lainnya, yang berada di parkir mobil gedung itu

Pencakar Langit 48 Lantai di Dubai Terbakar, Pemicunya Puntung Rokok yang Dilempar
Khaleej Times
Api membakar sebuah gedung pencakar langit, Abbco Tower di Sharjah, salah satu kota terbesar di Uni Emirat Arab pada Rabu (6/5/2020) dinihari 

TRIBUNNEWS.COM, DUBAI - Kebakaran menara pencakar langit Abbco di Sharjah, Dubai, Uni Emirat Arab UEA) dipastikan dari puntung rokok yang dibuang, kata seorang pejabat tinggi polisi.

“90 Persen api bersumber dari puntung rokok atau Shisha, yang dibuang di koridor lantai pertama," kata Penjabat Direktur Jenderal Operasi Polisi dan Kepala Laboratorium Forensik UEA, Brigadir Ahmed Haji Al-Sarkal.

"Puntung rokok dilempar dari lantai atas dan jatuh di lantai 10, dimana api pertama kali muncul.

Kebakaran di gedung 48 lantai itu merusak 333 apartemen, 233 di antaranya masih ditutup dan akan dibuka di hadapan pemiliknya, kata Al-Sarkal.

Polisi telah memeriksa 100 penghuni apartemen, 26 di antaranya rusak parah 34 terkena air dan asap, dan 40 pintu rusak, tambahnya.

Baca: Kebakaran Hebat, Sudah 4 Jam Api di Kapal Tanker Waruna Belum Padam Juga

Baca: Mengapa Ekonomi China Dianggap Lebih Siap Dibanding Hadapi Krisis Global?

Baca: 9 Kejanggalan Persidangan Penyiraman Air Keras Versi Tim Advokasi Novel Baswedan

Dilansir AFP, Senin (11/5/2020), beberapa orang menderita luka ringan dalam insiden itu dan lebih dari 250 keluarga dievakuasi dan ditempatkan di hotel.

Puing-puing yang jatuh saat kebakaran merusak 16 kendaraan di sekitar gedung, serta 17 kendaraan lainnya, yang berada di parkir mobil gedung itu.

Menara Abbco dilengkapi dengan cladding yang dilarang pada 2016 untuk bangunan lebih dari 23 meter di Sharjah, kata, Direktur Jenderal Pertahanan Sipil Sharjah, Kolonel Sami Khamis Al-Naqbi.

Cladding dalam konstruksi adalah lapisan eksternal dari sebuah bangunan, yang menyediakan isolasi termal dan digunakan sebagai aspek estetika.

"Pertahanan Sipil Sharjah sekarang mempertimbangkan program untuk untuk menggantikan kelongsong tua dan membantu pemilik bangunan melakukan penggantian dan menemukan bahan alternatif dengan biaya lebih murah," kata Al-Naqbi.(*)

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Puntung Rokok Luluhlantakkan Menara Pencakar Langit Abbco di Sharjah, Dubai

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas