Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

China Vs Amerika

Balas AS, China Kuasai Gedung Konsulat Amerika di Chengdu

Amerika Serikat mengkonfirmasi penutupan konsulat dalam sebuah video perpisahan yang dibagikan dari kedutaan AS di akun Twitter China.

Balas AS, China Kuasai Gedung Konsulat Amerika di Chengdu
AFP
Bendera China dan AS 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - China mengumumkan telah mengambil alih gedung konsulat AS di kota barat daya Chengdu pada hari Senin (27/7/2020) setelah memerintahkan fasilitas itu ditutup sebagai aksi pembalasan karena diusir dari konsulat Tiongkok di Houston, Texas.

Melansir Reuters, pihak kepolisian di Chengdu membatasi akses ke daerah di sekitar konsulat pada Senin pagi, dan empat pejabat dengan alat pelindung diri terlihat berjalan menuju konsulat sekitar pukul 10:24 waktu setempat (0224 GMT).

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, konsulat ditutup pada pukul 10 pagi. Dikatakan kemudian bahwa pihak berwenang memasuki gedung dan mengambil alih tempat itu.

Baca: Biodata dan Fakta Dilraba Dilmurat, Aktris dari Suku Uighur yang jadi Idola di China

China memerintahkan penutupan fasilitas pada hari Jumat setelah Washington pekan lalu memberi China 72 jam untuk mengosongkan konsulatnya di Houston, dalam memburuknya ketegangan antara dua ekonomi terbesar dunia itu secara dramatis.

Amerika Serikat mengkonfirmasi penutupan konsulat dalam sebuah video perpisahan yang dibagikan dari kedutaan AS di akun Twitter China.

"Konsulat AS di Chengdu telah dengan bangga mempromosikan saling pengertian antara orang Amerika dan orang-orang di Sichuan, Chongqing, Guizhou, Yunnan dan Tibet sejak tahun 1985. Kami akan selalu merindukanmu," katanya seperti yang dikutip Reuters.

Baca: Diplomat AS Tinggalkan Konsulat di Chengdu, Buntut Penutupan Kedutaan China di Houston

Stasiun televisi CCTV membagikan video di akun Weibo, yang diambil oleh seorang reporter, yang menunjukkan penurunan bendera Amerika di depan konsulat Chengdu diturunkan pada pukul 6:18 pagi pada hari Senin.

Pada hari Minggu malam, sebuah truk crane terlihat memasuki kompleks konsulat dan mengangkat setidaknya satu kontainer ke sebuah truk besar.

Pada Sabtu malam, seorang pekerja terlihat menggunakan alat termasuk palu dan pahat untuk melepas alat kelengkapan di sekitar sebuah plakat di luar pintu masuk utama.

Hubungan AS-China telah jatuh ke kondisi terburuk dalam beberapa dekade terakhir karena berbagai perselisihan, mulai perdagangan dan teknologi hingga pandemi Covid-19, klaim teritorial Tiongkok di Laut China Selatan dan upaya kerasnya terhadap Hong Kong.

Berita ini tayang di Kontan https://internasional.kontan.co.id/news/hubungan-memburuk-china-sudah-ambil-alih-gedung-konsulat-as-di-chengdu

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas