Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Idap Penyakit Aneh, Perempuan Ini Berkokok dan Mengais-ngais Tanah Seperti Ayam

Perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu tiba-tiba mengais tanah dan berkokok layaknya ayam jantan.

Idap Penyakit Aneh, Perempuan Ini Berkokok dan Mengais-ngais Tanah Seperti Ayam
lecturer.ukdw.ac.id
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, BRUSSELS - Seorang perempuan di Belgia ditemukan saudaranya berkokok seperti ayam, di mana psikiater menyebutnya gangguan kejiwaan terkait dengan depresi.

Wanita 54 tahun itu, yang tidak mempunyai sejarah penyalahgunaan alkohol maupun narkoba, ditemukan oleh saudaranya di kebun.

Dilaporkan The Guardian pada Selasa (28/7/2020), perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu tiba-tiba mengais tanah dan berkokok layaknya ayam jantan.

Ketika dilarikan ke bangsal gawat darurat, wanita itu kemudian mengungkapkan bahwa dia mengalami "sensasi aneh' di sekujur tubuhnya.

Baca: Mengenal Penyakit Batu Tanduk Rusa Ginjal, Gejalanya Nyeri Punggung dan Kencing Berdarah

Setelah mengalami kejang, wanita itu dikabarkan pulih, dan merasa malu ketika diingatkan soal itu, di mana ingatannya disebut terganggu.

Peneliti di KU Leuven, universitas di kota Belgia Flemish, di jurnal medis Tijdschrift voor Psychiatrie menulis kasus itu bisa disebut zoanthropy.

Kasus itu, di mana seseorang percaya bahwa dirinya merupakan binatang, jarang terlaporkan karena kesulitan pasien menjelaskan apa yang mereka alami.

Dalam periode 1850 sampai 2012, terdapat setidaknya 56 deskripsi yang bisa dikategorikan dalam kasus tersebut, melalui literatur medis dan sejarah.

Dalam penjelasan yang terdokumentasi, pasien mereka mereka adalah anjing, singa, hyena, hiu, buaya, kucing, angsa, badak, kelinci, hingga kerbau.

Dalam kasus perempuan di Belgia, disebutkan dia berpacaran selama 20 tahun, mempunyai pekerjaan stabil di bidang farmasi setahun terakhir.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas