Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pemerintah Belanda tak Mewajibkan Warganya Pakai Masker Ketika Berada di Ruang Publik

Pemerintah malah akan mengupayakan kepatuhan yang lebih baik terhadap aturan jaga jarak sosial setelah terjadinya lonjakan kasus virus coron.

Pemerintah Belanda tak Mewajibkan Warganya Pakai Masker Ketika Berada di Ruang Publik
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi: Warga membeli masker di pinggir Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (26/7/2020). Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mulai menerapkan sanksi denda uang Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu kepada warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah mulai Senin, 27 Juli 2020. Dengan adanya penerapan sanksi ini, penjualan masker kembali bakal ramai karena akan banyak warga membeli masker takut terkena sanksi. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Pemerintah Belanda tidak akan menyarankan masyarakatnya untuk memakai masker di ruang publik untuk memperlambat penyebaran virus corona (Covid-19).

Sebab pemerintah Belanda menilai, belum terbukti efektivitas pemakaian masker mampu menekan penyebaran Covid-19.

Keputusan ini diumumkan oleh Menteri Kesehatan Tamara Van Ark setelah ditinjau oleh National Institute for Health (RIVM).

Pemerintah malah akan mengupayakan kepatuhan yang lebih baik terhadap aturan jaga jarak sosial setelah terjadinya lonjakan kasus virus corona dalam minggu ini.

"Karena dari perspektif medis tidak terbukti efektivitas pemakaian masker. Kabinet telah memutuskan tidak ada kewajiban mengenakan masker," kata Van Ark.

Hal ini berbeda dengan banyak negara Eropa mewajibkan warganya untuk mengenakan masker di ruang publik, seperti di toko.

Kepala RIVM Jaap Van Dissel mengatakan, organisasi itu menyadari penelitian yang menunjukkan masker membantu memperlambat penyebaran Covid-19.

Namun ia tidak yakin masker akan membantu selama wabah corona menyebar seperti saat ini di Belanda.

Dia berpendapat mengenakan masker secara tidak benar dan ketidak-patuhan terhadap aturan jaga jarak sosial, dapat meningkatkan risiko penyebaran virus.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas