Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
Deutsche Welle

Liga Sepakbola Jerman Bundesliga Siap Buka Stadion Untuk Fans Bulan Depan

36 klub sepakbola di liga Jerman Bundesliga menyepakati rancangan untuk memungkinkan penonton kembali ke stadion. Namun keputusan…

36 klub sepakbola di liga utama dan dua Bundesliga menyepakati rancangan yang dibuat asosiasi klub sepakbola Jerman, DFL, yang bisa diterapkan mulai pertengahan September.

Rancangan protokol kesehatan siap diterapkan pada putaran musim baru Bundesliga yang akan dimulai 18 September mendatang. Klub-klub liga utama dan liga kedua Bundesliga menyetujui empat langkah kunci.

Fans hanya akan diizinkan untuk duduk, artinya tidak ada tiket untuk tempat berdiri, tiket akan dipersonalisasi sehingga hanya dapat digunakan pemesan dan alamatnya bisa ditelusuri, konsumsi alkohol selama pertandingan akan dilarang dan hanya ada fans dari klub tuan rumah, artinya tidak ada fans dari klub tandang.

Rencana itu masih harus disetujui oleh para menteri kesehatan di 16 negara bagian untuk bisa diterapkan. Menurut rencana, mereka akan melangsungkan pertemuan hari Senin depan (10/8) untuk membahas rancangan itu.

Prioritas Bundesliga adalah kesehatan fans dan masyarakat

"Prioritas di Jerman saat ini bukan stadion yang penuh, melainkan kesehatan masyarakat," kata Christian Seiffert, direktur eksekutif asosiasi klub sepakbola Jerman DFL hari Selasa (4/8).

"Apakah fans akan diizinkan kembali ke stadion, bukan keputusan DFL," melainkan keputusan otoritas kesehatan”, kata Christian Seiffert selanjutnya. "Kami tidak mengharapkan apa-apa dan juga tidak menuntut apa pun. Kami hanya mempersiapkan diri."

Rencana Bundesliga untuk membuka pintu stadion bagi penggemar telah menjadi bahan perdebatan di kalangan politisi dan pakar virologi di Jerman. Beberapa kelompok penggemar mengeritik penutupan pintu stadion dalam jangka panjang sebagai pembatasan hak-hak mereka.

Christian Seifert mengatakan, tingkat infeksi wabah corona harus diperhitungkan dan "tidak boleh diremehkan". Sepakbola profesional "hanya bisa kembali dalam beberapa tahapan" dan tidak ada "saklar ajaib" bagi politisi dan otoritas untuk memberikan lampu hijau bari para fans untuk kembali memenuhi stadion penuh. Hingga saat ini, pemerintah Jerman masih melarang penyelenggaraan acara dengan kerumunan besar hingga 31 Oktober.

Dengan langkah-langkah kecil kembali ke stadion

Direktur utama DFL Christian Seiffert menjelaskan, semuanya "hanya akan terjadi dalam beberapa tahapan," ketika Bundesliga mencoba "kembali ke normalitas dengan langkah-langkah kecil”.

"Tidak seorang pun di DFL yang akan menuntut jumlah tertentu penggemar di stadion. Itu tidak bertanggung jawab," katanya menambahkan. Jumlah penggemar yang bisa diizinkan untuk kembali ke stadion akan tergantung pada berbagai faktor lokal, termasuk infrastruktur stadion, angka infeksi lokal, dan peraturan kesehatan yang diberlakukan negara bagian.

Para menteri kesehatan dari 16 negara bagian Jerman akan membahas masalah ini dalam pertemuan pada 10 Agustus mendatang. Musim Bundesliga 2020-21 akan dimulai pada 18 September 2020.

hp/as (dpa, afp)

Ikuti kami di
Sumber: Deutsche Welle
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas