Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Tak Pakai Masker di Malaysia Siap-siap Didenda Rp 3 Jutaan

Noor Hisham mengatakan hal ini karena jumlah kasus infeksi virus corona di Malaysia saat ini mengkhawatirkan.

Tak Pakai Masker di Malaysia Siap-siap Didenda Rp 3 Jutaan
Mohd Rasfan/AFP
Tentara di Malaysia memasang pagar kawat dekat gedung apartemen setelah otoritas setempat memberlakukan lockdown atau Malaysia Control Order (MCO) untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, MALAYSIA - Pemerintah Malaysia mempertimbangkan untuk memberikan denda dan hukuman penjara bagi mereka yang menolak menggunakan masker saat penerapan aturan wajib pakai masker di tempat umum.

Hal tesebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia, Datuk Dr Noor Hisham Abdullah, seperti dikutip dari Straits Times.

Pada Selasa (28/7/2020), Noor Hisham mengatakan hal ini karena jumlah kasus infeksi virus corona di Malaysia saat ini mengkhawatirkan.

Aturan ini diatur dalam Undang-undang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dan mereka yang tidak mematuhi aturan akan dikenakan denda hingga RM 1.000 atau hampir Rp 3,5 juta.

"Mengenakan masker wajah bisa mencegah gelombang kedua virus. Pengorbanan in diperlukan dari semua orang, setidaknya sampai vaksin siap," kata Noor Hisham.

Baca: Masker Fashion Marak di Tengah Pandemi Covid-19, Diminati Anak-anak Muda Jepang

Dr Noor mengingatkan, bahwa kementerian merekomendasikan penggunaan masker karena dinilai bisa mengurangi risiko infeksi hingga 65 persen dan jarak sosial dapat mengurangi risiko penularan hingga 70 persen.

Sementara itu, melansir pengumuman yang dibagikan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui akun Twitter-nya @KKMPutrajaya, kewajiban menggunakan masker dan hukuman denda akan diberlakukan mulai 1 Agustus 2020.

Sumber: Kompas TV

Ikuti kami di
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas