Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Tuduh Tentara India Lewati Perbatasan, Lepaskan Tembakan Peringatan hingga Ancam Tentara China

China menuduh India melanggar kesepakatan kedua belah pihak dan membuat keadaan di wilayah perbatasan semakin memanas.

Editor: Melia Istighfaroh
zoom-in China Tuduh Tentara India Lewati Perbatasan, Lepaskan Tembakan Peringatan hingga Ancam Tentara China
Diptendu Dutta / AFP
Seorang tentara China dan tentara India di perbatasan Nathu La, pegunungan Himalaya di antara kedua negara tersebut. Foto ini yang diambil sebelum konfrontasi terakhir. 

TRIBUNNEWS.COM - China pada Selasa dini hari, (8/9/2020), menuduh pasukan India melewati garis perbatasan (LAC), menurut media India Zee News.

Zee News juga menyebut China mengklaim pasukan India melepaskan "tembakan peringatan" di dekat Danau Pangong Tso di Ladakh Timur, tempat tentara mereka melakukan "tindakan pembalasan".

Juru bicara Komando Medan Perang Barat China, Kolonel Zhang Shiuli, mengatakan India melakukan tindakan provokatif dan secara ilegal memasuki garis perbatasan di Pegunungan Shenpao dekat tepi selatan Danau Pangong Tso.

China lebih lanjut menuduh India melanggar kesepakatan kedua belah pihak dan membuat keadaan di wilayah perbatasan semakin memanas.

Tentara India memberikan penghormatan selama pemakaman rekan mereka, Nyima Tenzin yang berasal dari Tibet, pada 7 September 2020. Tenzin tewas dalam bentrokan terbaru dengan tentara China di perbatasan Himalaya yang disengketakan.
Tentara India memberikan penghormatan selama pemakaman rekan mereka, Nyima Tenzin yang berasal dari Tibet, pada 7 September 2020. Tenzin tewas dalam bentrokan terbaru dengan tentara China di perbatasan Himalaya yang disengketakan. (MOHD ARHAAN ARCHER / AFP)

Selain itu, China menyebutnya sebagai tindakan provokasi yang menyebabkan kesalahpahaman.

Shuili mendesak pihak India segera menghentikan "permainan berbahaya" ini dan meminta pasukan India kembali ke perbatasan mereka.

Halaman selengkapnya >>>

BERITA TERKAIT
Sumber: TribunnewsWiki
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas