Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Dalam Sidang Umum PBB, Trump Minta China Bertanggung Jawab Soal Munculnya Covid-19

Trump menuduh China hanya menjaga kepentingannya sendiri ketika virus yang berpotensi mematikan itu pertama kali muncul di kota Wuhan akhir tahun lalu

Dalam Sidang Umum PBB, Trump Minta China Bertanggung Jawab Soal Munculnya Covid-19
Sandy Huffaker / GETTY IMAGES AMERIKA UTARA / Getty Images via AFP
Presiden AS Donald Trump 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON  - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan dalam Sidang Umum PBB, Selasa (22/9/2020) bahwa China harus dimintai pertanggungjawaban oleh dunia atas pandemi Covid-19.

Mengutip AFP, dalam pesan yang direkam dan diputar pada pertemuan tahunan PBB, Trump menuduh Beijing mengizinkan virus corona "meninggalkan China dan menginfeksi dunia."

"PBB harus meminta pertanggungjawaban China atas tindakan mereka," kata Trump.

Baca: Selama Lima Tahun Serahkan ke Jusuf Kalla, Kini Jokowi Pidato di Sidang Umum PBB, Apa Alasannya?

Trump, yang sedang menghadapi pertarungan pemilihan ulang yang sulit jelang 3 November mendatang, telah berusaha untuk menangkis kritik pemilih yang berlebihan tentang penanganannya terhadap pandemi dengan menyalahkan China.

Disiarkan melalui layar besar di aula Sidang Umum PBB, presiden AS itu secara efektif telah "memindahkan" pidato kampanyenya yang politis ke panggung global.

"Kita harus meminta pertanggungjawaban bangsa yang melepaskan wabah ini ke dunia," katanya.

Trump menuduh China hanya menjaga kepentingannya sendiri ketika virus yang berpotensi mematikan itu pertama kali muncul di kota Wuhan akhir tahun lalu.

Presiden AS itu mengatakan, "Pemerintah China, dan Organisasi Kesehatan Dunia - yang secara virtual dikendalikan oleh China - secara keliru menyatakan bahwa tidak ada bukti penularan dari manusia ke manusia."

"Nanti, mereka secara keliru mengatakan orang tanpa gejala tidak akan menyebarkan penyakit," tambahnya.

Para pemimpin dunia berbicara secara virtual ke sesi Sidang Umum PBB di New York, karena pembatasan di tengah pandemi Covid-19.

Trump, yang sering meremehkan risiko yang ditimbulkan oleh virus itu, sebelumnya mengatakan dia akan tetap hadir namun akhirnya berubah pikiran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Trump dalam Sidang Umum PBB: China Harus Dimintai Pertanggungjawaban soal Covid-19"

Ikuti kami di
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas