Tribun

Kerajaan Malaysia: Anwar Hanya Beri Tahu Jumlah Anggota Parlemen yang Mendukungnya

Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim bertemu Raja Malaysia, Raja Al-Sultan Abdullah, pada Selasa (13/10/2020).

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Malvyandie Haryadi
Kerajaan Malaysia: Anwar Hanya Beri Tahu Jumlah Anggota Parlemen yang Mendukungnya
Mohd RASFAN / AFP
Dalam foto yang diambil pada 23 September 2020 ini, pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim berbicara saat konferensi pers di sebuah hotel di Kuala Lumpur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR - Pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim bertemu Raja Malaysia, Raja Al-Sultan Abdullah, pada Selasa (13/10/2020).

Dalam kesempatan itu, presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR), memberi tahu jumlah anggota parlemen yang ia klaim mendukungnya untuk menjadi perdana menteri berikutnya.

Pengawas Keuangan Rumah Tangga Kerajaan Istana Negara Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan Anwar tidak memberikan nama-nama parlemen yang mendukungnya menjadi PM.

Baca juga: Anwar Ibrahim Serahkan Dokumen Kepada Raja Malaysia untuk Buktikan Dukungan Mayoritas di Parlemen

"Anwar tidak memberikan nama-nama untuk memverifikasi klaimnya," kata Ahmad Fadil Shamsuddin seperti dilansir The Star, Selasa (13/10/2020).

Ahmad Fadil Shamsuddin mengatakan Raja menyarankan Anwar untuk mengikuti dan menghormati proses hukum, sebagaimana dinyatakan dalam Konstitusi Federal.

"Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah melakukan audiensi dengan pemimpin Oposisi Anwar Ibrahim di Istana Negara pada pukul 11 pagi tadi (13 Oktober)."

"Pertemuan ini dijadwalkan pada 22 September tetapi ditunda karena penyakit Sultan Abdullah di mana ia dirawat di National Heart Institute dari 21 hingga 3 Oktober," ujarnya.

Baca juga: Istana Kerajaan Malaysia: Anwar Ibrahim Tidak Sebut Nama Anggota Parlemen yang Mendukungnya Jadi PM

"Selama audiensi yang berlangsung selama 25 menit, Anwar telah mempresentasikan jumlah total anggota Dewan Rakyat yang diklaimnya mendukungnya. Namun, dia tidak menunjukkan daftar nama anggota Dewan Rakyat untuk mendukung klaimnya," tambahnya.

"Oleh karena itu, Sultan Abdullah telah menyarankan Anwar untuk mengikuti dan menghormati proses hukum sebagaimana dinyatakan dalam Konstitusi Federal, " kata Fadil dalam sebuah pernyataan pers pada Selasa (13/10/2020).

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas