Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menang di Michigan dan Wisconsin, Biden di Ambang Kemenangan Presiden AS

Namun kemenangan Biden di negara bagian ‘Great Lakes’ membawanya ke ambang pintu kemenangan dengan 264 suara elektoral (electoral vote).

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menang di Michigan dan Wisconsin, Biden di Ambang Kemenangan Presiden AS
Jim WATSON / AFP
Mantan Presiden AS Barack Obama (kiri) bergabung dengan calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden pada acara kampanye di Flint, Michigan, pada 31 Oktober 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Joe Biden memenangkan ‘medan perang’ Michigan dan Wisconsin pada Rabu (4/11/2020) waktu setempat, merebut kembali bagian kunci dari "dinding biru" yang menjauh dari Demokrat empat tahun lalu. D secara dramatis mempersempit jalan Presiden Donald Trump untuk terpilih kembali.

Sehari penuh setelah Hari Pemilihan 3 November, tidak ada kandidat yang menyapu bersih 270 suara Electoral College yang diperlukan untuk memenangkan kursi presiden Amerika Serikat (AS).

Namun kemenangan Biden di negara bagian ‘Great Lakes’ membawanya ke ambang pintu kemenangan dengan 264 suara elektoral (electoral vote).

Kini Biden hanya butuh kemenangan di satu negara bagian--negara bagian mana pun--untuk melewati ambang batas dan menjadi presiden terpilih AS.

Biden, yang telah menerima lebih dari 71 juta suara publik (popular vote), yang terbanyak dalam sejarah, bersama pasangannya Kamala Harris pada konferensi pers sore, mengatakan dia sekarang memandang kemenangan menjadi presiden, meskipun dia tidak langsung mendeklarasikan kemenangan.

"Saya akan memerintah sebagai presiden Amerika," kata Biden.

Baca juga: Hasil Sementara Pilpres AS: Joe Biden Raih 264 Electoral Votes, Donald Trump 214

BERITA TERKAIT

"Tidak akan ada negara merah dan negara biru ketika kami menang. Hanya Amerika Serikat."

Itu sangat kontras dengan Trump, yang Rabu dini hari secara keliru menyatakan bahwa dia telah memenangkan pemilihan, meskipun jutaan suara tetap masih belum terhitung dan persaingan masih jauh dari selesai.

Associated Press mencatat Wisconsin untuk Biden setelah pejabat pemilu di negara bagian itu mengatakan semua surat suara yang beredar telah dihitung, kecuali untuk beberapa ratus dalam satu kota dan sejumlah kecil suara lainnya.

Trump meminta penghitungan ulang, selain mengajukan gugatan hukum di Pennsylvania dan Michigan.(AP)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas