Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilpres Amerika Serikat

Masalah Keamanan, Latihan Pelantikan Joe Biden Ditunda

Latihan untuk pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang dijadwalkan pada Minggu (17/1/2021) telah ditunda karena masalah keaman

Masalah Keamanan, Latihan Pelantikan Joe Biden Ditunda
AFP/Samuel Corum
Pasukan Garda Nasional dan petugas kepolisian Washington DC bersiap untuk menahan dan menghalau para demonstran agar menjauh dari Gedung Kongres US Capitol di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021) waktu setempat. Ribuan pendukung Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melakukan aksi demonstrasi dengan menyerbu dan menduduki Gedung Capitol untuk menolak pengesahan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden atas Presiden Donald Trump dalam Pemilu Amerika 2020 lalu. Mereka menduduki Gedung Capitol setelah sebelumnya memecahkan jendela dan bentrok dengan polisi. AFP/Getty Images/Samuel Corum 

TRIBUNNEWS.COM,  WASHINGTON — Latihan untuk pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang dijadwalkan pada Minggu (17/1/2021) telah ditunda karena masalah keamanan.

Hal itu dilaporkan dua sumber Politico pada Kamis (14/1/2021) waktu setempat, seperti dilansir Reuters, Jumat (15/1/2021).

Latihan diundur pada Senin (18/1/2021), menurut laporan tersebut.

“Tim Biden juga telah membatalkan perjalanan Amtrak dari Wilmington ke Washington yang direncanakan untuk hari Senin karena masalah keamanan yang meningkat,” tambah laporan itu.

Biden akan dilantik pada 20 Januari 2021.

Komite pelantikan presiden menolak mengomentari laporan tersebut.

Direktur Biro Investigasi Federal Christopher Wray mengatakan sebelumnya bahwa FBI sedang mencari individu yang mungkin dapat mengancam keselamatan dalam pelantikan Presiden terpilih AS.

Pelantikan presiden secara tradisional menarik ratusan ribu pengunjung ke Washington, tetapi upacara kali ini berbeda karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Lady Gaga akan Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Pelantikan Joe Biden-Kamala Harris

Biden meminta calon wakil jaksa agung dan mantan penasihat kontra-terorisme Presiden Barack Obama, Lisa Monaco, untuk menjabat sebagai penasihat keamanan tanah air sementara menjelang pelantikan minggu depan.

Para pejabat telah memperingatkan akan adanya rencana aksai unjuk rasa bersenjata di Washington dan 50 negara bagian, kelompok aktivis telah khawatir tentang potensi kekerasan.

Peringatan itu menyusul serangan pekan lalu terhadap Capitol AS oleh para pendukung Presiden Donald Trump yang menyebabkan lima orang tewas.

Para pendukung Trump menyerbu Capitol pada Rabu lalu, mencoba menghentikan sertifikasi atau pengesahan oleh Kongres atas kemenangan Biden.(Reuters)

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas