Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Warga Prefektur Kochi di Jepang Latihan Hadapi Gempa Raksasa Palung Nankai

Sedikitnya 70 orang penduduk daerah Sukumo dan Otsuki di Prefektur Kochi berlatih menghadapi bencana alam gempa bumi raksasa Palung Nankai.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Warga Prefektur Kochi di Jepang Latihan Hadapi Gempa Raksasa Palung Nankai
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kapal penjaga pantai Jepang (Japan Coast Guard atau JCG) sedang bersiap memulai latihan bencana alam di Kochi, Selasa (19/1/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sedikitnya 70 orang penduduk daerah Sukumo dan Otsuki di Prefektur Kochi, Selasa (19/1/2021) berlatih menghadapi bencana alam gempa bumi raksasa Palung Nankai yang diperkirakan akan muncul di masa mendatang.

"Kita ajak masyarakat setempat untuk latihan bencana ini agar nantinya lancar saat pengungsian ketika terjadi bencana," papar Sakusei Kadota, Kepala Penjaga Pantai Jepang (Japan Coast Guard) Sukuo Kochi, Selasa (19/1/2021).

Kadota melihat latihan menghadapi bencana sangat penting di Jepang karena banyak sekali bencana bermunculan mulai hujan lebat, banjir, gempa bumi, taifun, tsunami dan sebagainya.

Kapal penjaga pantai Jepang (Japan Coast Guard atau JCG) sedang bersiap memulai latihan bencana alam di Kochi, Selasa (19/1/2021).
Kapal penjaga pantai Jepang (Japan Coast Guard atau JCG) sedang bersiap memulai latihan bencana alam di Kochi, Selasa (19/1/2021). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

"Wajar dan sangat penting kegiatan seperti ini, semoga saja membawa banyak manfaat bagi masyarakat sekitar sini khususnya Kochi," tambahnya.

Acara latihan dimulai dengan adanya pengumuman terjadinya bencana gempa bumi besar.

Baca juga: Pemerintah Jepang Persiapkan Jadwal Vaksinasi Covid-19 Bagi Warganya

Lalu helikopter JCG langsung terbang ke daerah bencana, memonitor lokasi kejadian menganalisa dan segera memberikan bantuan lewat kapal laut milik JCG.

BERITA TERKAIT

Kapal itu membawa banyak kotak berisi bantuan makanan, minuman dan obat-obatan kesehatan bagi para korban bencana dan mengungsikan mereka menggunakan helikopter.

Kapal laut Pasukan Penjaga Pantai Jepang (JCG) sedang memindahkan box bantuan makanan minuman bagi para korban dalam latihan, Selasa (19/1/2021).
Kapal laut Pasukan Penjaga Pantai Jepang (JCG) sedang memindahkan box bantuan makanan minuman bagi para korban dalam latihan, Selasa (19/1/2021). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Latihan bencana alam di Jepang dilakukan paling sedikit dua kali dalam setahun mulai masyarakat perkotaan sampai ke masyarakat paling pedalaman sekali pun dengan sukarela agar dapat bersiap diri dan tidak panik saat timbulnya bencana alam.

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas