Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version
Deutsche Welle

NASA Rilis Video dan Audio Pertama dari Ekspedisi Mars

Robot penjelajah Perseverance mengirimkan klip audio pertama dari Mars, yang diduga merupakan suara hembusan angin. Video berdurasi…

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA pada hari Senin (22/02) merilis audio pertama dari Mars, yang berisi suara angin samar yang ditangkap oleh robot penjelajah Perseverance. Beberapa gambar pendaratan telah dirilis sebelumnya, tetapi untuk mengirim sinyal video ke Bumi membutuhkan waktu berhari-hari.

Video berdurasi 3 menit 25 detik tersebut menunjukkan penjelajahan dari rute Perseverance.

Setelah parasut terbuka, pesawat luar angkasa mendarat di permukaan Mars yang berdebu. "Ini benar-benar video yang luar biasa," kata Michael Watkins, Direktur Laboratorium Propulsi Jet NASA.

"Ini adalah pertama kalinya kami dapat menangkap peristiwa seperti pendaratan di Mars. Kami semua menontonnya selama akhir pekan, berkali-kali."

NASA juga merilis beberapa gambar panorama resolusi tinggi baru selama konferensi pers.

Seperti apa suara di Mars?

Meskipun mikrofon tidak berfungsi, penjelajah tetap mampu menangkap audio saat mendarat. Klip audio pendek mungkin tidak terlalu spektakuler, tetapi ini adalah rekaman audio pertama dari planet lain.

Penjelajah Perseverance membawa dua mikrofon. NASA sedang membuat "playlist Mars" yang dikumpulkan di situs web Sounds of Mars.

"Tetap di sini," kata NASA. "Kita mungkin segera mendengar suara dari dunia lain."

Pembaruan misi

Penjelajah yang baru diluncurkan beroperasi seperti yang diharapkan, kata Jessica Samuels, Manajer Misi Perseverance. "Saya dengan senang hati melaporkan bahwa Perseverance (dalam kondisi) sehat," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Sumber: Deutsche Welle
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas