Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PT Howa Indonesia Kembali Dapat Pinjaman Ratusan Ribu Dolar AS dari Bank Jepang

Pinjaman tersebut dibiayai bersama dengan lembaga keuangan swasta, dan total jumlah pembiayaan bersama kira-kira 224.000 dolar AS.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in PT Howa Indonesia Kembali Dapat Pinjaman Ratusan Ribu Dolar AS dari Bank Jepang
Istimewa
Pabrik PT Howa Indonesia. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - PT Howa Indonesia kembali mendapatkan dana pinjaman sebesar ratusan ribu dolar AS dari bank Jepang setelah tahun lalu juga dapat 423.000 dolar AS pinjaman dari bank Jepang.

"Bank Jepang untuk Kerja Sama Internasional (JBIC) tanggal 9 Maret 2021 bersama perusahaan Sumitomo Mitsui Finance & Leasing Co., Ltd. yang ada di Indonesia PT SMFL Leasing Indonesia (SMFLIN) menandatangani perjanjian pinjaman dengan jumlah pinjaman maksimum sekitar 157.000 dolar AS."

"Ini adalah perjanjian pinjaman individu berdasarkan investment credit line yang telah disepakati dengan SMFLIN untuk mendukung pengembangan bisnis UKM Jepang di luar negeri," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (12/3/2021).

Pinjaman tersebut dibiayai bersama dengan lembaga keuangan swasta, dan total jumlah pembiayaan bersama kira-kira 224.000 dolar AS.

Pinjaman tersebut adalah dana untuk pengadaan peralatan yang diperlukan untuk bisnis pembuatan dan penjualan suku cadang mobil yang dilakukan oleh PT Howa Indonesia, sebuah perusahaan Indonesia dari HOWA Co., Ltd. yang berkantor pusat di Prefektur Aichi.

Baca juga: Dampak Deklarasi Darurat Jepang Kerugian 170 Miliar Yen dan Infeksi Meningkat Lagi Mei 2021

Baca juga: Pengakuan Mantan PM Jepang: Keselamatan, Biaya Rendah, Energi Bersih Nuklir Jepang Ternyata Bohong

"SMFLIN dengan sewa pembiayaan memberikan pinjaman kepada perusahaan PT Howa Indonesia itu," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Dalam beberapa tahun terakhir banyak perusahaan menengah dan UKM Jepang yang berekspansi ke Indonesia, dan diharapkan kemauan untuk melakukan penanaman modal akan terus meningkat.

Pinjaman ini didasarkan pada batas kredit yang diakhiri dengan SMFLIN, dan dengan fleksibel memasok dana jangka menengah hingga panjang yang diperlukan untuk bisnis yang dilakukan oleh UKM di Indonesia melalui SMFLIN, bisnis UKM Jepang di luar negeri.

"Hal tersbeut mendukung pengembangan dan berkontribusi pada pemeliharaan dan peningkatan daya saing internasional industri Jepang," kata sumber Tribun.

Sebagai lembaga keuangan publik Jepang, JBIC akan terus mendukung secara finansial pengembangan bisnis perusahaan Jepang di luar negeri, termasuk usaha kecil dan menengah, dari perspektif menjaga dan meningkatkan daya saing internasional industri Jepang.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan digunakan sebagai tempat belanja para WNI dan orang Jepang yang ada di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas