Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Taiwan Pertimbangkan Cabut Larangan Kedatangan Pekerja Migran Indonesia

Otoritas Taiwan sedang mempertimbangkan untuk mencabut larangan masuk bagi pekerja migran Indonesia.

Taiwan Pertimbangkan Cabut Larangan Kedatangan Pekerja Migran Indonesia
Kemenhub Laut
Ilustrasi: Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang bekerja di Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berhasil dipulangkan ke daerah asal. WNI tersebut merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berjumlah 221 orang, Kamis (11/2/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI  -- Otoritas Taiwan sedang mempertimbangkan untuk mencabut larangan masuk bagi pekerja migran Indonesia.

Seperti dilansir Taiwan News, Rabu (17/3/2021), pertimbangan itu menyusul persetujuan Central Epidemic Command Center (CECC) terhadap seperangkat pedoman pencegahan Covid-19.

Menurut seorang pejabat yang akrab dengan keputusan tersebut, CECC akan memulai kembali negosiasi dengan Indonesia tentang mengizinkan pekerja migran dari negara itu setelah pelarangan selama tiga bulan.

Baca juga: Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Jalani Proses Dialisis

Namun, waktu yang tepat masih akan tergantung pada situasi pandemi di kedua negara.

Sumber tersebut mengatakan setiap pekerja migran Indonesia yang ingin datang ke Taiwan akan diminta untuk menyerahkan bukti hasil tes PCR NEGATIF Covid-19 yang dikeluarkan oleh rumah sakit setempat yang disetujui oleh pemerintah Taiwan.

“Begitu sampai di Taiwan, para pekerja Indonesia akan mengikuti peraturan karantina dan menjalani isolasi rumah selama 14 hari yang diikuti dengan masa pemantauan kesehatan mandiri selama tujuh hari,” jelasnya.

Baca juga: Berbulan-bulan Cenderung Pasif, Donald Trump Akhirnya Ajak Warga Amerika untuk Divaksinasi Covid-19

Desember lalu, CECC mengumumkan larangan masuk dalam waktu yang tidak terbatas terhadap pekerja migran dari Indonesia sebagai tanggapan atas lonjakan kasus virus corona yang diimpor dari negara Asia Tenggara tersebut.

Saat itu, Menteri Kesehatan dan kepala CECC Chen Shih-chung mengatakan pembatasan akan tetap berlaku sampai situasi di Indonesia telah membaik.

Saat wawancara telepon dengan Channel News Asia (CNA) pada Selasa (16/3/2021) Wakil Kepala CECC Chen Tsung-yen menegaskan niat pemerintah untuk secara bertahap membawa kembali pekerja migran Indonesia untuk memenuhi permintaan tenaga kerja.

Dia mengatakan dia yakin pedoman baru Covid-19 Kementerian Tenaga Kerja akan mencegah individu yang terinfeksi virus corona memasuki negara itu.(Taiwan News)

Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas