Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

PM Jepang Ungkapkan Pembubaran Parlemen Jepang dan Pemilu Dalam Waktu Dekat

Salah satu penyebab pembubaran parlemen dan mengadakan pemilihan umum adalah karena adanya pengajuan mosi tidak percaya di parlemen

PM Jepang Ungkapkan Pembubaran Parlemen Jepang dan Pemilu Dalam Waktu Dekat
Foto Richard Susilo
PM Yoshihide Suga saat jumpa pers malam ini (24/2/2021) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYOPerdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan dalam wawancara dengan NTV kemarin malam (6/4/2021) ada kemungkinan membubarkan parlemen, khususnya apabila menerima mosi tidak percaya dari pihak oposisi di sidang parlemen saat ini.

"Salah satu penyebab pembubaran parlemen dan mengadakan pemilihan umum adalah karena adanya pengajuan mosi tidak percaya di parlemen," tegas PM Suga.

Masa jabatan sebagai presiden Partai Demokrat Liberal (LDP) akan berakhir akhir September 2021. Kalau dilakukan pembubaran parlemen dan dibuat pemilu terlebih dulu, tidak perlu lagi pemilu LDP nantinya. Namun kalau sampai akhir September tidak ada pemilu, tidak ada pembubaran parlemen (majelis rendah), maka pemilu internal LDP harus diadakan terlebih dulu.

"Memang ada berbagai cerita tentang tidak melakukan itu, tetapi dikatakan bahwa hasil ini akan solid, jadi saya kira ada kemungkinan akan dibubarkan sebelum pemilihan presiden LDP."

Masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Jepang akan berakhir pada 21 Oktober. Di dalam Partai Demokrat Liberal, telah ditunjukkan bahwa jika rating persetujuan Kabinet Suga lesu dan pemilihan presiden LDP diadakan sebelum pemilihan majelis rendah, ada kemungkinan presiden baru yang bisa memenangkan pemilihan akan menjadi presiden, dipilih sebagai pengganti Perdana Menteri Suga.

Banyak anggota LDP yang punya keinginan untuk membubarkan parlemen terlebih dulu sehingga kelihatan siapa yang tetap memiliki pengaruh kuat di masyarakat, sekaligus memilik PM Jepang baru dan tak perlu lagi ada pemilu internal LDP, menghemat biaya, ungkap sumber Tribunnews.com Rabu (7/4/2021).

Dalam keadaan ini, riak kemungkinan akan menyebar karena Perdana Menteri Suga menyebutkan kemungkinan diadakannya pembubaran pemilihan umum sebelum pemilihan presiden LDP.

Perdana Menteri Suga juga mengatakan bahwa tindakan melawan virus corona baru akan menjadi prioritas utama, dan bahwa jika partai oposisi mengajukan mosi tidak percaya kepada Kabinet pada sesi Diet saat ini, itu akan menjadi penyebab pembubaran Dewan Perwakilan Rakyat (parlemen) Jepang.

Perdana Menteri Suga menambahkan, "Saya pikir itu wajar, mosi tidak percaya akan ada di sana sebagai penyebab pembubaran parlemen."

Mengenai apakah akan menerapkan langkah-langkah prioritas seperti pencegahan penyebaran ke Tokyo sebagai langkah penanggulangan terhadap virus corona baru, "Saat ini Tokyo masih tetap diwaspadai ketat. namun kami masih memikirkan langkah-langkah prioritas seperti pencegahan penyebaran segera. Saya belum ingin melakukan deklarasi darurat lagi dan lebih penting fokus kepada pengawasan yang ketat," lanjutnya.

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja asli di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Ikuti kami di
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas