Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bahas Myanmar, KTT ASEAN Akan Diselenggarakan di Jakarta Pekan Ini

Penyelenggaraan ASEAN Leaders 'Meeting akan berpegang teguh pada protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Bahas Myanmar, KTT ASEAN Akan Diselenggarakan di Jakarta Pekan Ini
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Peserta aksi bersepeda saat melakukan aksi unjuk rasa bertajuk Gowes for Democracy #SaveMyanmar di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Sabtu (17/4/2021). Aksi tersebut sebagai bentuk mengecam kudeta ilegal dan menuntut agar militer Myanmar (Tatmadaw) segera mengakhiri kekerasan serta mengembalikan demokrasi sesuai dengan keinginan rakyat Myanmar. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sekretariat ASEAN mengumumkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN akan diadakan di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Indonesia pada Sabtu (24/4/2021) yang salah satunya akan membahas situasi dan kondisi Myanmar.

“Perlu diketahui bahwa akan ada ASEAN Leaders 'Meeting yang akan diadakan di Sekretariat ASEAN pada hari Sabtu, 24 April 2021, di Jakarta, Indonesia,” ujar sekretariat ASEAN dalam pernyataannya, Selasa (20/4/2021).

Brunei sebagai ketua negara-negara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), pada hari Senin menyampaikan dukungannya di balik pertemuan para pemimpin regional untuk membahas perkembangan di Myanmar.

Baca juga: Uni Eropa Jatuhkan Sanksi pada 10 Pejabat Junta Myanmar dan Dua Perusahaan yang Dikendalikan Militer

Seperti yang dilaporkan Reuters, pernyataan itu menyusul pertemuan antara Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin dan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah di awal April dan telah meminta para pejabat untuk mempersiapkan pertemuan di Jakarta.

Sekretariat ASEAN memastikan bahwa penyelenggaraan KTT ASEAN kali ini akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat karena COVID-19 dan partisipasi personel pada Rapat akan dibatasi.

Penyelenggaraan ASEAN Leaders 'Meeting akan berpegang teguh pada protokol kesehatan dan keamanan yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

“Silakan merujuk ke situs web Ketua ASEAN Brunei Darussalam (http://www.asean2021.bn) dan Sekretariat ASEAN (www.asean.org) untuk pembaruan terkait dengan Pertemuan tersebut,” tulis pernyataan itu.

BERITA REKOMENDASI

Sekretariat ASEAN juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah memberikan nasehat teknis dan fasilitasi yang diperlukan untuk penyelenggaraan Pertemuan Pemimpin ASEAN yang dijadwalkan di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas