Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

LDP Jepang Kalah Telak, Tak Satu pun Kandidatnya Menang di 3 Pemilu Nasional

Partai yang berkuasa mengatakan bahwa ketidakpuasan terhadap pemerintahan adalah salah satu penyebab kekalahan tersebut.

LDP Jepang Kalah Telak, Tak Satu pun Kandidatnya Menang di 3 Pemilu Nasional
Foto Sankei
Pemilihan Dewan Anggota Majelis Tinggi Hiroshima Haruko Miyaguchi (tengah) yang terpilih dalam pemilihan ulang Hiroshima sedang merayakan kemenangan bersama para pendukungnya, Minggu (25/4/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Partai Liberal Demokratik (LDP) yang berkuasa dipimpin PM Jepang Yoshihide Suga kalah telak di 3 pemilu yang bersifat nasional mulai Hokkaido, Nagano dan Hiroshima, tidak ada satu pun kandidat LDP yang menang.

Kandidat oposisi memenangkan ketiga pemilu, yang merupakan pemilu nasional pertama untuk pemerintahan Suga, dan Partai Demokrat Liberal kalah semuanya, termasuk pemilu yang tidak mendukung kandidat.

Partai yang berkuasa berencana untuk membangun kembali sistem pemilihan majelis rendah, dengan mengatakan bahwa ketidakpuasan terhadap pemerintahan adalah salah satu penyebab kekalahan tersebut.

Di sisi lain, partai oposisi berencana mempercepat pembahasan kerja sama pemilu dengan alasan hasil pemersatu.

Kandidat oposisi memenangkan pemilihan ulang daerah pemilihan Hiroshima di Majelis Tinggi, pemilihan sela daerah pemilihan Nagano, dan pemilihan sela-sela pemilihan DPR Hokkaido 2, yang diberikan suara masyarakat dan diumumkan Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Mengintip Aktivitas Pusat Perbelanjaan di Tokyo Jepang Hari Pertama Deklarasi Darurat Ketiga

Partai Demokrat Liberal telah kehilangan ketiganya, termasuk Hokkaido.

Di dalam partai yang berkuasa, telah ditunjukkan bahwa ada faktor individu di daerah pemilihan seperti masalah yang berkaitan dengan politik dan uang, yang tidak secara langsung mempengaruhi pemerintahan Perdana Menteri Suga, tetapi ketidakpuasan masyarakat terlihat terhadap tanggapan terhadap virus corona juga terjadi sebagai salah satu penyebab kekalahan.

Akibat kekalahan telak ini pemerintah dan partai yang berkuasa berencana mempercepat pengendalian infeksi dan vaksinasi, serta membangun kembali sistem pemilihan DPR yang akan diselenggarakan pada musim gugur.

Pemilihan Dewan Anggota Majelis Tinggi Hiroshima Haruko Miyaguchi (tengah) yang terpilih dalam pemilihan ulang Hiroshima sedang merayakan kemenangan bersama para pendukungnya, Minggu (25/4/2021).
Pemilihan Dewan Anggota Majelis Tinggi Hiroshima Haruko Miyaguchi (tengah) yang terpilih dalam pemilihan ulang Hiroshima sedang merayakan kemenangan bersama para pendukungnya, Minggu (25/4/2021). (Foto Sankei)

Di sisi lain, partai oposisi berencana mempercepat pembahasan kerja sama pemilu, dengan mengatakan bahwa kemenangan ini merupakan hasil persatuan calon dan menjadi momentum untuk memenangkan pemilu majelis rendah apabila dibubarkan parlemen sewaktu-waktu oleh PM Jepang.

Selain itu, Diet (parlemen Jepang) khususnya kalangan oposisi siap untuk memperkuat pengejarannya, dengan mengupayakan agar dapat menekan Kabinet Suga yang dianggap lambat mengantisipasi pandemi corona, khususnya dalam hal vaksinasi kepada masyarakat.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan digunakan sebagai tempat belanja para WNI dan orang Jepang yang ada di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas