Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Olimpiade Tokyo

Petugas CLO Jadi Kunci Olimpiade Jepang di Tengah Pandemi Covid-19

Apabila atlet atau officials positif corona sebelum keberangkatan segera laporkan ke CLO. Info apa pun harus dilaporkan segera ke petugas CLO.

Petugas CLO Jadi Kunci Olimpiade Jepang di Tengah Pandemi Covid-19
Istimewa
Buku The Playbook terbaru versi kedua terbitan 28 April 2021. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Petugas Covid-19 Liaison Officer (CLO) yang akan dibentuk bulan Mei 2021 ini dan akan diumumkan rinciannya lebih lanjut pada The Playbook versi ketiga akhir Juni 2021, akan menjadi petugas terpenting dalam Olimpiade yang akan dimulai 23 Juli 2021.

"Petugas CLO Olimpiade bertanggungjawab terkait Covid-19 baik kepada atlet, officials, press, media dan semua pihak terkait Olimpiade mendatang," tulis buku The Playbook Olimpiade Jepang versi kedua yang terbit 28 April 2021.

CLO bertanggungjawab kepada semua pihak agar mengikuti semua aturan yang ada di Playbook.

CLO akan mengajukan Rencana Aktivitas untuk Tokyo 2020 and menyodorkan Surat Sumpah Tertulis (written pledge) dari setiap arlet, officials, media, sponsor yang berasal dari luar Jepang kepada pemerintah Jepang khususnya kementerian kesehatan.

Petugas CLO akan membantu mempersiapkan daftar kontak reguler selama kunjungan di Jepang.

Baca juga: Draft Peta Jalan Strategi dan Proposal Bidding Olimpiade 2032 Sudah Siap kata Ketua NOC Indonesia

Apabila atlet atau officials positif corona sebelum keberangkatan segera laporkan ke CLO. Info apa pun harus dilaporkan segera ke petugas CLO.

"Tim CLO ini akan dibentuk segera dan akan menangani berbagai negara masing-masing," ungkap sumber Tribunnews.com. Selasa (4/5/2021).

"Selama 14 hari sebelum tiba di Jepang apabila ada gejala panas, diharapkan jangan ke Jepang," tambahnya.

Daftar penyedia pengujian tes kesehatan (PCR) yang disetujui sedang dikembangkan dan akan tersedia pada CLO. Dilakukan tes 2 kali dalam 96 jam sebelum tiba di Jepang.

"Jangan lupa pula paling penting selalu catat dengan siapa kita dekat, dengan siapa partner yang sering bersama saat berada di Jepang dan harus dilaporkan daftarnya ke CLO secara rinci. Hal itu untuk memudahkan pendeteksian alur penyebaran infeksi corona apabila terjadi," jelasnya.

Logo Olimpiade di depan gedung olahraga nasional Jepang yang akan jadi tempat Pembukaan Olimpiade 23 Juli 2021 mendatang
Logo Olimpiade di depan gedung olahraga nasional Jepang yang akan jadi tempat Pembukaan Olimpiade 23 Juli 2021 mendatang (Foto Richard Susilo)

Semua atlet dan atau officials harus download aplikasi COCOA dan monitor kesehatan semua dilakukan lewat aplikasi tersebut. Petunjuk rinci akan diberikan saat tiba di Jepang.

Latihan CLO akan diberikan Mei 2021 dan perincial detil lebih lanjut mengenai CLO dituliskan pada versi ketiga The Playbook terbit akhir Juni mendatang.

Info lengkap The Playbook versi kedua dapat dilihat di : http://jepang.com/Olimpiade/

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas